Mutiara Ramadan

Tahukah Anda Puasa Sunnah akan Menyempurnakan Puasa Ramadan, Begini Penjelasannya

Menurut KH Cholil Nafis melaksanakan puasa sunnah bisa menyempurnakan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Dan pahalanya berlipat ganda

Tahukah Anda Puasa Sunnah akan Menyempurnakan Puasa Ramadan, Begini Penjelasannya
Dokumentasi KH Cholil Nafis
KH. Cholil Nafis, Lc., Ph D, Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat dan Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PB NU. 

Oleh KH Cholil Nafis Lc MA PhD, Ketua Komisi Dakwah MUI 

SETIAP rasul yang diutus kepada umat manusia untuk membawa risalah kenabian pasti diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Seperti puasa Daud yang lamanya setengah tahun.

Caranya, selang seling yaitu satu hari puasa dan satu hari berbuka, atau puasa pada hari-hari terang bulan (ayyam a-baidh), yaitu tanggal 13, 14, dan 15 bulan Qamariyah.

Demikian Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa risalah terakhir menerima kewajiban puasa Ramadan sebulan penuh dan disunnahkan puasa enam hari di bulan Syawal.

Adapun dengan puasa sunah untuk menyempurnakan puasa Ramadan.

Secara kalkulatif, manakala setiap hari puasa dapat dilipatgandakan pahalanya sepuluh kali lipat, puasa 30 hari dapat meraih pahala 300 hari.

Atau manakala 30 hari dapat menyehatkan pankreas dan pencernaan yang diistirahatkan melalui puasa sepuluh kali lipat maka selama 300 hari, berarti belum sampai satu tahun.

Karenanya dengan ditambah puasa enam hari bulan Syawal akan dapat menyempurnakan pahala Ramadan menjadi setahun penuh, yaitu 360 hari.

Hitungan sederhana inilah yang ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya: Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh. (HR. Muslim).

Ilustrasi
Ilustrasi (istimewa)

Menyempurnakan puasa di bulan Ramadan melalui amalan sunnah adalah keniscayaan untuk menggapai keutamaan Ramadan.

Halaman
123
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved