Mudik Lebaran

Kemenhub Akan Pakai Kapal Milik TNI untuk Angkut Truk Muatan Sembako Saat Mudik Lebaran

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memanfaatkan kapal-kapal milik TNI AL pada masa angkutan Lebaran (angleb) 2019 nanti.

Kemenhub Akan Pakai Kapal Milik TNI untuk Angkut Truk Muatan Sembako Saat Mudik Lebaran
BKIP Kemenhub
Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub), usai melakukan Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran di Dermaga Executive Pelabuhan Merak, Sabtu (11/5/2019 

Kemenhub Akan Pakai Kapal Milik TNI untuk Angkut Truk Muatan Sembako saat Mudik Lebaran

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memanfaatkan kapal-kapal milik TNI AL pada masa angkutan Lebaran (angleb) 2019 nanti.

Kapal-kapal tersebut akan diturunkan untuk mengangkut truk muatan sembako.

"Kami akan memanfaatkan kapal milik TNI AL untuk mengangkut kendaraan truk bermuatan sembako maupun kendaraan pribadi lainnya dari Pelabuhan Tanjung Priok langsung ke Pelabuhan Panjang di Lampung," kata Budi Karya Sumadi, Menhub usai melakukan Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran di Dermaga Executive Pelabuhan Merak, Sabtu (11/5/2019).

Kemenhub akan Terapkan Sistem Ganjil Genap di Merak Bakauheni pada saat Mudik Lebaran

Hal tersebut, lanjutnya, dilakukan untuk mengurangi beban pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni.

Dimana merupakan salah satu strategi untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran khususnya pada moda transportasi penyeberangan.

"Kami akan meningkatkan kapal-kapal dari Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang. Di sana kemungkinan kita akan mendapat bantuan dari TNI AL. Saya tadi menghubungi Panglima TNI mudah-mudahan nanti TNI AL bisa membantu, jadi truk-truk tertentu tidak usah lewat Pelabuhan Merak tapi langsung dari Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Budi.

Evaluasi Aturan Tarif Ojek Online (Ojol), Kemenhub Lakukan Survey di Lima Kota

Strategi kedua yang telah disiapkan, lanjutnya adalah dengan memanfaatkan pelabuhan-pelabuhan yang ada di sekitar Pelabuhan Merak pada masa arus angkutan Lebaran.

Lalu strategu ketiga yaitu akan dioperasikan kapal-kapal berukuran besar dan cepat pada masa puncak arus mudik.

“Kami juga upayakan menggunakan kapal-kapal yang lebih besar dan lebih cepat jadi kapal-kapal yang kecil dan lebih lambat tidak mendapat prioritas disini jadi ditempat pelabuhan-pelabuhan yang lain,” kata Budi.

Bawaslu Kutuk Pembuat dan Penyebar Hoaks Petugas KPPS Tewas Diracun

Halaman
12
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved