Berita Video

VIDEO: Luhut Bantah Isu Indonesia Dijual di Program Obor

Jadi kalau ada ketakutan, seolah-olah Indonesia akan ada isu dijual dan segala macem, itu tidak terjadi," kata Luhut Panjaitan.

Mengenai kerja sama One Belt One Road (OBOR) dengan Tiongkok, Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim), Jend. TNI. Purn. Luhut Binsar Panjaitan menegaskan tidak ada kesepakatan skema pemerintah dengan pemerintah (G to G) sampai hari ini.

Hal tersebut dinyatakannya saat jumpa pers di kantornya, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Jadi menurutnnya, kepada pihak-pihak yang ketakutan Indonesia akan dijual ke asing, itu tidak benar.

VIDEO: KH Maruf Amin Datangi Kediaman Megawati

"Hasil dari One Belt One Road, kita sampai hari ini tidak ada melakukan deal G to G. Jadi kalau ada ketakutan, seolah-olah Indonesia akan ada isu dijual dan segala macem, itu tidak terjadi," kata Luhut Panjaitan.

VIDEO: Melihat Dapur Masjid Istiqlal yang Siapkan Menu Berbuka untuk Ribuan Jamaah

Menko Luhut menjelaskan, Indonesia menawarkan kerja sama OBOR dalam skema lain di beberapa daerah, misalnya: Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Bali.

VIDEO: Ratna Sarumpaet Sebut Keterangan Saksi Ahli Patahkan Dakwaan Jaksa

Luhut memaparkan, kerja sama tersebut harus memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukannya, di antaranya: taknologi ramah lingkungan, teknologi transfer, dan menggunakan sebanyak mungkin tenaga kerja warga negara Indonesia.

Sebagaimana diketahui, kerja sama OBOR merupakan kerja sama fokus di bidang infrastruktur. OBOR digagas Presiden Tiongkok, Xi Jin Ping untuk membangun konektivitas pembangunan dan kerja sama antar negara-negara Eurasia. (*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved