Berita Video

VIDEO: Atap Masjid di Tamansari Jakarta Barat Ambruk, PPSU Bantu Bereskan Puing

Puing-puing dari bekas robohnya atap tersebut masih terlihat berserakan dilantai dua masjid tersebut.

Atap masjid Assyafiiyyah di Jalan Mangga Besar VI, Tamansari, Jakarta Barat rubuh dan menimpah lantai dua masjid tersebut. Berdasarkan pantauan Kompas.com sesaat setelah menaiki tangga bagian atas masjid tersebut sudah tak lagi ditutupi atap.

Disitu juga langsung terlihat rangka dari kubah yang sudah menyentuh lantai. Begitu pula rangka kayu yang sebelumnya berfungsi menyanggah atap masjid terlihat miring menyentuh lantai.

Puing-puing dari bekas robohnya atap tersebut masih terlihat berserakan dilantai dua masjid tersebut.

VIDEO: Hampir Bentrok, Aksi Unjuk Rasa di Depan Bawaslu antar Dua Kelompok Massa

Begitu pula beberapa karpet yang tampak basah dan kotor masih terpasang di lantai masjid. Disana juga terlihat petugas PPSU mencoba membongkar kayu-kayu yang sudah lapuk tersebut untuk di bersihkan.

Bagian rangka kubah juga tampak dipotong petugas menggunakan alat pemotong besi agar bisa diturunkan ke lantai bawah.

Namun ambruknya atap masjid tidak sampai merusak lantai satu masjid itu Matsani, wakil Pengurus Masjid Assyafiiyyah, mengatakan kejadian ambruknya atap masjid terjadi pada Kamis (9/5/2019) kemarin pada Pukul 11.15 WIB.

VIDEO: Wali Kota Jakarta Utara Pantau Penjualan Takjil dari Bahan Berbahaya

"kemarin itu tahu-tahu langsing jatuk aja itu atapnya, mungkin karena sudah tua," katanya saat ditemui Kompas.com di depan lokasi masjid Ia mengatakan atap masjid itu rubuh karena memang kondisi masjid yang sudah lama tidakndi renovasi.

"Masjidnya ini sudah dari 1981 tapi belum pernah di renovasi total," kata dia Biasanya, kata dia, lantai masjid sering digunakan wargabuntuk beristirahat hinggantidur siang setelah shalat zuhur.

Namun beruntung sewaktu atap masjid itu rubuh kondisi lantai dua masjid saat itu sedang kosong sehingga tak ada korban dari peristiwa tersebut.

VIDEO: Marko Simic Lepas Rindu bersama Skuad Persija Jakarta

Adapun saat ini pihak pengurus masjid bersama dengan petugas PPSU masih fokus untuk membersihkan sisa puing-puing dari robohnya atap masjid.

"Perbaikan lagi musyawarahin. Tadi dari Camat, Lurah, Polisi juga sudah dateng," kata dia.

Meski lantai dua saat ini tidak bisa digunakan, wargab tetap masih bisa beribadah di lantai satu masjid.

Apabila jumlah jamaah sedang padat seperti pada pelaksanaan shalat Jumat dan Tarawih, pihak pengurus masjid terpaksa menggunakan badan jalan agar warga tetap bisa shalat disana. (KOMPAS.com/Jimmy Ramadhan Azhari)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved