Bank Indonesia: Kebutuhan Uang Tunai di Bulan Ramadan Hingga Lebaran Diperkirakan Rp 217,1 Triliun

Bank Indonesia: Kebutuhan Uang Tunai di Bulan Ramadan Hingga Lebaran Diperkirakan Rp 217,1 Triliun.

Bank Indonesia: Kebutuhan Uang Tunai di Bulan Ramadan Hingga Lebaran Diperkirakan Rp 217,1 Triliun
thinkstockphotos
Ilustrasi. Pada bulan Ramadan hingga Lebaran, Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan uang tunai mencapai Rp 217,1 triliun. 

Perkiraan kebutuhan uang kartal di periode bulan Ramadan hingga Lebaran tahun ini juga lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan rata-rata lima tahun terakhir.

Kebutuhan uang tunai di wilayah Pulau Jawa di luar Jabodetabek akan mencapai Rp 84 triliun atau 38,7 persen dari total kebutuhan nasional tersebut.

 WARTA KOTA, PALMERAH--- Pada bulan Ramadan hingga Lebaran, Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan uang tunai mencapai Rp 217,1 triliun.

Kebutuhan uang tunai itu meningkat 13,5 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya sebesar Rp 191,3 triliun.

Perkiraan kebutuhan uang kartal di periode bulan Ramadan hingga Lebaran tahun ini juga lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan rata-rata lima tahun terakhir sebesar 13,3 persen.

Bulan Ramadan, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 1,9 Triliun Per Hari

Rosmaya Hadi, Deputi Gubernur BI, mengatakan, kebutuhan uang kartal pada periode bulan Ramadan tersebut akan dapat tercukupi dengan optimal.

Kebutuhan tersebut akan dipenuhi dalam pecahan uang besar atau di atas Rp 50.000 akan mencapai 90,8 persen atau sebesar Rp 167,2 triliun dan pecahan uang kecil sebesar Rp 19,9 triliun.

Dia mengatakan, kenaikan kebutuhan uang tunai tersebut dipengaruhi oleh tiga hal.

Pertama, antisipasi meningkatkan kebutuhan uang mengingat kebijakan akan libur lebaran tahun ini mencapai 10 hari yakni mulai 30 Mei-9 Juni.

Ditekan Donald Trump, China Punya 3 Senjata untuk Balas Amerika Serikat

Kedua, adanya kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN) yang berlaku sejak tahun 2019 sekitar lima persen dan pembayaran THR sebelum lebaran.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved