Kisah Petugas Situng yang Bekerja Hingga Dini Hari Sampai Hasrat Ingin Bertemu Keluarga

Total ada 45 petugas Situng yang harus bekerja siang malam untuk melakukan quick count ala KPU tersebut di Hotel Mercure, Ancol, Pademangan.

Kisah Petugas Situng yang Bekerja Hingga Dini Hari Sampai Hasrat Ingin Bertemu Keluarga
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Koordinator Situng KPU Jakarta Utara, Mardiyanti 

Proses penghitungan suara Pemilu 2019 Kota Jakarta Utara dengan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) menyajikan banyak cerita.

Petugas harus bekerja hingga dini hari dan kehilangan waktu bertemu keluarga.

Total ada 45 petugas Situng yang bekerja siang dan malam untuk melakukan quick count ala KPU tersebut di Hotel Mercure, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Mereka bekerja secara bersamaan tanpa ada shift.

Koordinator Situng KPU Jakarta Utara Mardiyanti (42) menceritakan, proses pengerjaan dilakukan oleh puluhan petugas secara bersamaan karena total ada 4.563 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Jakarta Utara.

“Sementara sistem penginputan C1 dilakukan oleh hanya 45 orang. Jadi ketika ada formulir C1 datang, langsung kita input bareng-bareng,” kata wanita yang akrab disapa Yanti tersebut, Kamis (9/5/2019).

Hanya saja pada prakteknya, proses penginputan memakan waktu lama dengan segala kendala yang dihadapi mulai dari salah penulisan C1, yang dilakukan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga website Situng KPU yang terkadang lambat.

“Jadi kalau ada salah penulisan C1, kami harus kroscek dulu ke PPS, belum website KPU yang lambat. Mungkin karena Situng untuk pemilu serentak seluruh Indonesia baru dilakukan pertama kali, jadi wajar kalau websitenya masih memiliki kendala,” ucapnya.

Akibatnya waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan segala macamnya tidak sedikit.

Para petugas Situng terkadang bisa menghabiskan waktu dari pukul 08.00 WIB hingga 04.00 WIB dini hari setiap harinya.

Halaman
12
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved