Mudik Lebaran

200 Warga Masuk Daftar Tunggu Mudik Gratis di Bekasi

200 orang yang masuk daftar tunggu itu telah disiapkan untuk mengisi kursi dari bus yang disediakan Provinsi Jawa Barat.

200 Warga Masuk Daftar Tunggu Mudik Gratis di Bekasi
Warta Kota/Henry Lopulalan
Sejumlah pemudik siap-siap meninggalkan Jakarta dengan mengunakan KA Brantas ke Kediri dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (24/6). 

Dinas Perhubungan Kota Bekasi mencatat ada 200 warga setempat yang masuk dalam daftar tunggu (waiting list) mudik gratis.

Padahal kuota 5.280 kursi bus dari Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan di wilayah setempat telah habis sejak April 2019 lalu.

"Mereka yang masuk waiting list karena mendaftar ketika tiket sudah habis saat pendaftaran kami buka di kantor dinas," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi Deded Kusmayadi pada Kamis (9/5/2019).

Baru Dua Pekan Dibuka, Kuota Mudik Gratis di Kota Bekasi Ludes Diserbu Calon Pemudik

Mudik Gratis Tangerang Raya Berpusat di Tigaraksa

Menurut dia, 200 orang yang masuk daftar tunggu itu telah disiapkan untuk mengisi kursi dari bus yang disediakan Provinsi Jawa Barat.

Dalam mekanisme pendaftaran, para peserta mudik yang telah mendaftar di kantor dinas beberapa waktu lalu diwajibkan melakukan konfirmasi ulang kehadirannya pada 20-25 Mei.

Bila sampai rentang waktu itu peserta tidak melakukan konfirmasi ulang, maka dinyatakan gugur dan bakal diisi oleh warga yang telah masuk daftar tunggu.

Berbeda dengan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan, para peserta mudik tidak perlu melakukan konfirmasi ulang di kemudian hari.

"Kami sudah menyimpan kontak ponsel warga yang masuk waiting list jadi begitu ada yang gugur, daftar dari nomor urut satu akan kita hubungi via telepon," ujar Deded.

Namun demikian, Deded memprediksi jumlah peserta mudik yang gugur tidak akan banyak karena jadwal keberangkatannya cukup dekat dengan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Soal Dugaan Jual Beli Jabatan di Kemenag RI, Putri Amien Rais Ikut Komentar Seperti Ini

Ferdinand Hutahaean Setuju Orasi Eggi Sudjana Isyaratkan Makar, tapi Sebaiknya Cukup Ditegur Saja

Berbeda dengan keberangkatan mudik gratis dengan hari raya tahun lalu, saat itu jeda waktunya mencapai delapan hari.

Keberangkatan mudik gratis kali ini, kata dia, digelar pada hari Sabtu, 1 Juni 2019 di Summarecon Mall Bekasi.

Sedangkan jadwal lebaran bila mengacu di kalender jatuh pada tanggal 5-6 Juni atau ada selisih empat hari.

"Karena ada selisih empat hari itu jadi sangat jarang ada peserta yang membatalkan mudik gratisnya. Sedangkan warga yang waiting list juga sudah pasti mencari alternatif keberangkatan lain," imbuhnya. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved