Tertahan Oleh Beton 18 Ton yang Diangkutnya, Crane Roboh Nyaris Timpa Rumah Warga

“Itu pijakannya yang tidak pas. Crane yang sedang mengangkat beban 18 ton tidak tepat di pijakan, sehingga crane tidak seimbang

Tertahan Oleh Beton 18 Ton yang Diangkutnya, Crane Roboh Nyaris Timpa Rumah Warga
Warta Kota
Crane proyek Metro Stater, Jalan Raya Margonda, Pancoran Mas, Kota Depok, amblas dan nyaris timpa rumah warga, Rabu (8/5/2019) siang. 

Satu unit crane yang tengah mengangkut tiang pancang beton seberat 18 ton ambles di lokasi proyek pembangunan kawasan superblok Metrostater Depok, Jalan Raya Margonda, Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (8/5/2019).

“Itu pijakannya yang tidak pas. Crane yang sedang mengangkat beban 18 ton tidak tepat di pijakan, sehingga crane tidak seimbang,” kata Anton, seorang pekerja proyek Metrostater di lokasi kejadian.

Diceritakan Anton, peristiwa amblesnya crane dalam proyek kawasan Transit Oriented Development (TOD) itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Beruntung, crane tersebut tidak sampai menimpa rumah yang ada di bawahnya.

“Sebelumnya, crane mengayun ke arah kiri, di bagian barat pembangunan Metrostater. Untungnya operator crane sigap dan membanting kemudi, hingga akhirnya beban berbelok dan tidak sampai menimpa rumah,” ungkapnya.

Selain itu, crane yang ambles tersebut juga ditahan oleh beton dan material bangunan yang ada di sisi rumah warga, sehingga crane itu tidak sampai meniban rumah warga. “Kalau enggak ada material, pasti rumah sudah ketiban,” kata dia.

Peristiwa amblesnya crane itu, kata Anton, merupakan peristiwa yang biasa dalam sebuah proyek pembangunan.

“Sudah biasa kejadian seperti ini. Nanti dari pusat akan mendatangkan crane lain untuk mengangkat crane yang ambles,” katanya.

Datangkan crane lain

Sementara itu, Humas Metrostater, Muttaqin, menjelaskan, kejadian tersebut tidak sampai menimpa rumah warga. Untuk selanjutnya, pihaknya akan mendatangkan crane dari PT Indopora.

“Nanti akan diangkat dengan crane lain, karena yang bisa angkat ya crane lagi. Nantinya crane yang jatuh akan dipulangkan ke kantor kontraktor untuk diperbaiki,” ujar Muttaqin.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved