Tim Gabungan Pemkot Jakpus Bakal Sidak ke Pasar Tradisional dan Modern

Suku Dinas KPKP Jaakarta Pusat dan Tim Gangunan Berencana Melakukan Sidak ke Pasar-pasar tradisional dan modern di buln puasa.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Dinas KPKP DKI Jakarta gelar sidak pangan di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara 

Mengantisipasi adanya bahan pangan di pasar-pasar yang mengandung bahan berbahaya, Suku Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan (KPKP) Jakarta Pusat berencana mengelar inspeksi mendadak (sidak) ke  sejumlah pasar tradisional dan pasar modern.

Rencananya sidak pasar akan dilakukan pada Jumat (10/5/2019) mendatang dan dipusatkan di Blok III Pasar Senen.

Dalam operasi ini petugas gabungan akan dikerahkan, seperti dari unsur Suku Dinas KPKP, BPOM, Sukun Dinas Kesehatan, Suku Dinas Perindustrian dan Energi, Suku Dina Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP),  Kecamatan Senen, Kelurahan Senen, Satpol PP, Polri, dan TNI.

"Kami akan mengambil sampel pangan untuk diperiksa di laboratorium sehingg dapat diketahui apakah ada kandungan zat berbahaya atau tidak. Jika ada kandungan berbahaya dipastikan langsung dimusnahkan," kata Bayu Sari Hastuti, Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat,  Selasa (7/5/2019).

Pemkot Jakpus Sidak Pasar Takjil Bendungan Hilir

Tak hanya pemeriksaan bahan pangan di sejumlah pasar tradisional maupun modern, petugas gabungan juga akan melakukan pengecekan terhadap kestabilan harga selama bulan Ramadan.

"Kami akan memantau apakah ada kenaikan harga yang signifikan untuk beberapa komoditas pangan," ungkap Hastuti.

Sementara itu, Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Sunarto, menahmahkan, tim gabunga ini kami namakan sebagai Tim Jejaring Ketahanan Pangan.

Petugas itu nanti mengecek kelayakan pangan, baik sayur-mayur, daging hewan ternak, dan ikan.

Adapun lokasi pasar yang dituju selain Pasar Senen, ada juga pasar lainnya, di antaranya Pasar Metro Atom Pasar Baru, Pasar Karang Anyar, Pasar Timbul Kartini, Pasar Jembatan Merah, dan beberapa pasar swalayan.

Awasi Kelayakan Bahan Makanan, Pemkot Jakpus Sidak Pasar Modern

"Kita harap tidak ada lagi pedagang yang berbuat nakal seperti menambahkan zat pengawet atau zat lainnya yang membahayakan untuk Kesehatan," ucap Sunarto.

Stabilisasi harga

Sebelumnya, Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, Sri Haryati, mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menjaga kestabilan harga pangan.

Salah satunya menaikkan stok telur ayam ras khusus di bulan Ramadan ini.

"Telur ditangani Food Station, jadi Food Station sekarang ini menyiapkan stok telur dengan jumlah yang lebih besar dibanding pada bulan-bulan umum," ujar Sri, Senin (6/5/2019).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved