Ini Cara Dokter Tim Persija Jakarta Mengatur Asupan Gizi Pemain Selama Bulan Ramadan

Dokter tim Persija, Donny Kurniawan sudah menyusun program asupan gizi yang baik supaya meski berpuasa, pemain tidak akan berpengaruh performanya.

Ini Cara Dokter Tim Persija Jakarta Mengatur Asupan Gizi Pemain Selama Bulan Ramadan
Media Persija
Dokter tim Persija, Donny Kurniawan 

Memasuki Bulan Suci Ramadan, skuad Persija Jakarta diliburkan selama tiga hari dan akan mulai kembali berlatih pada Kamis (9/5/2019) nanti dengan menggunakan jadwal latihan pada malam hari.

Dokter tim Persija, Donny Kurniawan sudah menyusun program asupan gizi yang baik supaya meski berpuasa, pemain yang beragama Muslim tidak akan berpengaruh performanya.

"Pengaturan makan untuk para pemain Persija di bulan puasa pada dasarnya sih tidak jauh berbeda ya. Kita kejar berapa banyak kalori yang masuk dalam satu hari," kata Donny kepada Warta Kota, Selasa (7/5/2019).

Perwakilan The Jakmania akan Temui Manajemen Persija Untuk Membahas Masalah Ini

Skuat Persija Jakarta Mendapat Jatah Liburan Awal Ramadan Hingga Rabu

"Kita harus sesuaikan juga karena kan mereka walaupun bulan puasa mereka tetap latihan di malam hari, jadi asupan kalorinya juga harus cukup," jelas dokter yang akrab disapa Docbro itu.

Dengan perubahan jadwal makan bagi pemain yang berpuasa, waktu sahur dan berbuka puasa menjadi sangat penting untuk memberi asupan gizi para pemain.

Tim Persija berlatih di tengah hujan.
Tim Persija berlatih di tengah hujan. (Persija.id)

Maka dari itu, waktu sahur para pemain diharuskan menyantap asupan gizi yang cukup diantaranya mineral, vitamin, karbohidrat dan protein.

"Sahur justru yang lebih penting dalam arti kata kita pastikan mereka cukup mendapatkan mineral, vitamin dan karbohidrat dan proteinnya. Nah di sahur ini kita minta mereka sedikit lebih ekstra," papar Docbro.

"Saya sih lebih kepada edukasi ke atletnya apa yang mereka butuhkan, tapi kita mengatur makanan sih seperti biasa saja, bedanya hanya pada pengaturan waktunya saja," tutur eks dokter tim Satria Muda itu.

Terungkap Ketatnya Seleksi Anggota Kopassus: Standar Fisik, Menembak dan Berenang di Atas Rata-Rata

Jadwal makan para pemain Macan Kemayoran yang berpuasa pun turut menyesuaikan menjadi tiga waktu yaitu saat berbuka (jelang latihan), setelah latihan dan saat sahur.

Selama bulan Ramadan, skuad Persija akan menjalani latihan pada pukul 20.00 WIB di Lapangan TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Wito Karyono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved