Penataan Kota

Tingkatkan Estetika Kota, Jaringan Utilitas di Jakut Dipindahkan ke Jalur Bawah

Pencanangan itu dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau dengan memotong kabel jaringan utilitas atas di Jalan Danau

Tingkatkan Estetika Kota, Jaringan Utilitas di Jakut Dipindahkan ke Jalur Bawah
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau memotong kabel jaringan utilitas atas di Jalan Danau Sunter Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (2/5). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

TANJUNG PRIOK, WARTAKOTALIVE.COM -- Seluruh jaringan utilitas di Jakarta Utara akan dipindahkan ke jalur bawah.

Pemindahan jaringan utilitas tersebut menjadi bagian dari upaya penataan sekaligus peningkatan estetika kota sesuai dengan program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pencanangan itu dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau dengan memotong kabel jaringan utilitas atas di Jalan Danau Sunter Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (2/5).

“Ini merupakan salah satu program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rangka penataan kota. Sehingga kedepannya nilai estetika kota semakin tinggi,” kata Syamsuddin, Kamis (2/5).

Syamsuddin menambahkan kabel yang dipotong akan dipindahkan ke jalur bawah tanah.

Langkah tersebut dinilai lebih aman dari segi keselamatan serta mempunyai nilai lebih dalam hal estetika kota di Jakarta Utara.

“Kalau kabel jaringan utilitas di atas itu keindahannya jadi berkurang. Tapi kalau di bawah kan keindahannya jadi lebih bagus dan lebih aman,” jelasnya.

Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Benhard Gultom mengatakan pemindahan kabel jaringan utilitas dari atas ke bawah menggunakan sistem bor oleh masing-masing vendor pemilik jaringan utilitas.

“Kita (pemerintah) hanya sebagai koordinator dan fasilitator saja. Yang memindahkan tetap dari masing-masing vendor pemilik jaringan utilitas,” ungkap Benhard.

Pada tahap pertama, pemindahan kabel jaringan utilitas dari atas ke bawah dilakukan di Jalan Danau Sunter Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pemindahan kabel dilakukan dengan panjang sekitar dua kilometer.

“Untuk perdana, jaringan utilitas yang dipindahkan hanya jaringan internet, sedangkan untuk listrik akan dipindahkan pada tahap selanjutnya. Kita harapkan nantinya semua dipindahkan ke jalur bawah untuk di wilayah Jakarta Utara,” tutupnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved