Selama Ramadan, Pemkot Depok Gelar Pasar Sembako Murah Sebulan Dua Kali

"Kami selalu rutin operasi pasar saat (Bulan) Ramadan, sebulan dua kali. Intinya berbagai cara akan kami lakukan untuk menstabilkan inflasi

Selama Ramadan, Pemkot Depok Gelar Pasar Sembako Murah Sebulan Dua Kali
Warta Kota
Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad, meninjau harga sembako di Pasar Agung, Sukmajaya, Kota Depok, Kamis (2/5/2019). 

Untuk mengantisipasi naiknya harga sembilan bahan pokok (sembako) selama Bulan Ramadan, Pemerintah Kota Depok berencana menggelar bazar atau pasar sembako murah dua kali dalam sebulan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad, saat meninjau harga sembako di Pasar Agung, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Kamis (2/5/2019).

Idris telah menunjuk dua dinas terkait, yakni Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok.

"Kami selalu rutin operasi pasar saat (Bulan) Ramadan, sebulan dua kali. Intinya berbagai cara akan kami lakukan untuk menstabilkan inflasi, yang kemungkinan terjadi. Kami jual sembako murah nantinya," kata Idris.

Untuk saat ini, jelasnya, harga sembako masih relatif stabil. Selain itu, ketersediaan stok bahan pokok di Depok juga masih dalam taraf aman.

Namun, untuk menjaga inflasi, Idris berharap warga tidak belanja berlebihan selama bulan puasa.

"Makanya kita mesti punya tindakan yang lebih bijak dalam hal konsumsi. Jangan sampai nanti ketersediaan bahan pokok cukup tapi kalau konsumen belanja berlebih harga bisa naik dan dapat menyebabkan inflasi dan mempengaruhi daya beli," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Anim Mulyana, mengatakan, hingga kini belum terjadi kenaikan berarti harga sembako di sejumlah pasar.

"Kami pantau di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, hanya cabe rawit merah dan bawang merah naik sedikit," kata Anim kepada Wartakotalive.com.

Dijelaskan Anim, cabe rawit merah saat ini diharga Rp 30.000 per kilogram, dari sebelumnya Rp 25.000 per kilogram.

Sedangkan bawang merah naik Rp 1.000 menjadi Rp 40.000 per kilogram.

Di Pasar Agung, harga daging sapi masih stabil di angka Rp 120.000 per kilogram dan harga daging ayam Rp 43.000 per kilogram.

Anim melanjutkan, di Pasar Cisalak harga cabe merah besar terpantau Rp 30.000 per kilo gram.

Selain itu, harga beras rata-rata Rp 10.000 per kilogram, gula pasir Rp 12.000 per kilogram, dan minyak goreng curah Rp 11.000 perkilo gram.

"Intinya, hampir di semua pasar tradisional yaitu Pasar Cisalak, Pasar Sukatani, Pasar Agung, Pasar Tugu, dan Pasar Kemirimuka, harga masih stabil," ucap Anim.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved