Hari Buruh

Peringati Hari Buruh, BPJS Ketenagakerjaan Kebayoran Baru Lakukan Pick Up Service

ick up service atau kunjungan langsung ke rumah tenaga kerja disabilitas yang akan mengajukan klaim JHT.

Peringati Hari Buruh, BPJS Ketenagakerjaan Kebayoran Baru Lakukan Pick Up Service
Warta Kota
BPJS TK Kebayoran Baru pick up service atau kunjungan langsung ke rumah tenaga kerja disabilitas yang akan mengakukan klaim JHT. 

Memperingati Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei 2019, BPJS ketenagakerjaan Kantor Cabang Kebayoran Baru melakukan sejumlah kegiatan pelayanan.

Sebagai wujud kepedulian dan apresiasi kepada para pekerja dengan turut berempati kepada peserta yang membutuhkan perhatian khusus sekaligus mengedukasi terkait manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Cabang Jakarta Kebayoran Baru, Aland Lucy Patitty mengungkapkan pada Jumat (3/5/2019), selain pemberian souvenir di kantor cabang, juga dilakukan pick up service atau kunjungan langsung ke rumah tenaga kerja disabilitas yang akan mengajukan klaim JHT.

Selain itu, sejumlah petugas juga menjenguk salah satu anggota PPSU Kelurahan Gandaria Utara yang mengalami kecelakaan lalu lintas akibat ditabrak mobil di daerah Radio Dalam sewaktu akan berangkat kerja pada hari Selasa tanggal 30 April 2019.

"Petugas memberikan edukasi kepada saudara Mashudi sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, bahwa yang bersangkutan dapat berobat ke jaringan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Jakarta Selatan, antara lain RS Pusat Pertamina ( RSPP), RSUP Fatmawati, RS Gandaria dan lainnya, dimana saat ini lebih memilih pengobatan alternatif," terang Lucy.

Dalam kesempatan tersebut, kepada Mashudi, petugas pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kebayoran Baru menjelaskan kembali bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan pada saat berangkat kerja, pada saat bekerja di dalam perusahaan, pulang kerja ataupun saat bertugas, dapat berobat ke Jaringan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) dan akan dicover biaya perawatan dan pengobatan sesuai standar yang berlaku sampai dengan sembuh.

"Termasuk biaya transportasi pada saat evakuasi kasus kecelakaan kerja dan selama kontrol, Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), alat bantu (orthese), alat pengganti (prothese) dan santuan berkurang fungsi/ anatomi dan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja," ungkap Lucy.

Tercatat sejak Bulan Januari 2018 sampai dengan akhir Maret 2019 BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kebayoran Baru telah membayarkan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 335 kasus Rp 9.125.442.696, Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 18.615 kasus Rp. 324.015.072.672 , klaim Jaminan Kematian sebanyak 165 kasus Rp. 3.963.000.000 dan Jaminan Pensiun (JP) sebanyak 904 kasus Rp. 698.955.646.

"Para tenaga kerja dan keluarga yang dikunjungi menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kacab Kebayoran Baru, karena peringatan Hari Buruh tidak selalu identik dengan adanya demo dan keramaian namun juga sebagai momentum apresiasi kepada para pekerja Indonesia," tandas Lucy.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved