Pilpres 2019

Ijtima Ulama Jilid Tiga Desak KPU Diskualifikasi Jokowi-Maruf Amin, Kubu 01: Itu Gerombolan Politik

Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding mengatakan, Ijtima Ulama harus mengikuti prinsip-prinsip keulamaan.

Ijtima Ulama Jilid Tiga Desak KPU Diskualifikasi Jokowi-Maruf Amin, Kubu 01: Itu Gerombolan Politik
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Calon presiden Prabowo Subianto berada di tengah forum Ijtima Ulama II di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Minggu (16/9/2018). Prabowo mendatangani pakta integritas sebagai wujud keseriusannya melaksanakan hasil rekomendasi Ijtima Ulama. 

TIM Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin tidak terima dengan rekomendasi Ijtima Ulama jilid tiga yang mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu mendiskualifikasi pasangan 01.

Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding mengatakan, Ijtima Ulama harus mengikuti prinsip-prinsip keulamaan.

Prinsip-prinsip itu adalah jujur dalam mengambil keputusan, berdasarkan kaidah-kaidah fikih, serta atas kepentingan dan keutuhan persatuan Indonesia.

Bupati Kepulauan Talaud di Kantor KPK: Saya Bingung Tiba-tiba Dibawa ke Sini

Abdul Kadir Karding berpandangan, rekomendasi Ijtima Ulama jilid tiga yang ingin Jokowi-Maruf Amin didiskualifikasi, tidak sesuai prinsip-prinsip keulamaan.

"Jadi kita itu dalam hukum dan prinsip beragama, tidak boleh mengeluarkan keputusan yang zalim, yang didasarkan bukan pada fakta-fakta, tapi pada asumsi-asumsi, apalagi itu untuk kepentingan pribadi atau kelompok," tutur Abdul Kadir Karding saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (2/5/2019).

Dengan menggunakan nama Ijtima Ulama, ucap Abdul Kadir Karding, seharusnya menjaga muruah ulama, tetap mengikuti koridor hukum, percaya pada penyelenggara pemilihan umum, dan menaati undang-undang.

Tiga Tuntutan Sudah Direspons Positif Pemerintah, KSPI Pastikan Peringatan Hari Buruh Aman dan Damai

"Jadi menurut saya itu adalah suatu ijtima-ijtimaan itu, tidak mencerminkan Ijtima Ulama, tapi lebih kepada gerombolan-gerombolan politik yang memiliki kepentingan politik yang memang berbeda dengan 01," papar Abdul Kadir Karding.

Sebelumnya, Ijtima Ulama jilid tiga yang digelar di Hotel Lorin, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019), menghasilkan lima poin terkait Pemilu 2019.

Berikut ini poin-poin keputusan dan rekomendasi Ijtima Ulama jilid tiga:

Daftar Tarif Baru Ojek Online yang Berlaku Mulai Hari Ini

1. Menyimpulkan bahwa telah terjadi berbagai kecurangan dan kejahatan yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif dalam proses Pemilu 2019.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved