Ibu Kota Pindah

Sandiaga Uno Usulkan Pemerintah Gelar Referendum untuk Pindahkan Ibu Kota

Sandiaga Uno menilai selain memerlukan kajian mendalam, keputusan memindahkan ibu kota negara sebaiknya melibatkan masyarakat.

Sandiaga Uno Usulkan Pemerintah Gelar Referendum untuk Pindahkan Ibu Kota
Tribunnews/Jeprima
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berjalan saat pencoblosan tiba di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). 

CALON wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menilai selain memerlukan kajian mendalam, keputusan memindahkan ibu kota negara sebaiknya melibatkan masyarakat.

Menurutnya, masyarakat harus ditanya perlu atau tidaknya memindahkan ibu kota.

"Kalau kita mau pindahkan ibu kota itu berapa yang setuju, berapa yang mendukung. Dan itu yang harus dilakukan, melibatkan masyarakat," kata Sandiaga Uno di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Selasa, (30/4/2019).

Wacana Pemindahan Ibu Kota, Ferry Mursyidan Baldan: Jangan-jangan karena Anies Jadi Gubernur

Sebab, menurut Sandiaga Uno, pemindahan ibu kota tergolong keputusan strategis yang berdampak pada masyarakat.

Oleh karena itu, menurutnya pemerintah sebaiknya menggelar referendum atau pemungutan suara soal perlu tidaknya memindahkan ibu kota.

"Menurut saya harus dikembalikan juga ke masyarakat, karena ini keputusan yang sangat strategis, jadi harus ada referendum," usulnya.

Besok PA 212 Gelar Ijtima Ulama Jilid Tiga, 1.500 Ulama dan Tokoh Bakal Bahas Dugaan Pemilu Curang

Karena, menurut mantan Wagub DKI itu, pemindahan ibu kota harus mendahulukan kepentingan rakyat, terutama kemudahan terhadap akses lapangan kerja.

Sandiaga Uno mengaku belum bisa menilai apakah pemindahan ibu kota itu saat ini perlu dilakukan atau tidak. Karena, menurutnya belum ada pemaparan kajian komprehensif dari pemerintah.

"Dan menurut saya ini bukan soal Sandiaga Uno setuju atau tidak, tapi semua masyarakat harus kita ajak dalam konsesus bersama, karena ini keputusan yang selalu bersama buat bangsa kita," paparnya.

Pemindahan Ibu Kota Dituding Pengalihan Isu Pemilu, Sutopo Purwo Nugroho Bilang Enggak Nyambung

Meski begitu, Sandiaga Uno menilai bahwa ada urgensinya memindahkan ibu kota dari Jakarta.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved