Berita Video

VIDEO: Tiga Bandit Ranmor Tewas Ditembak Petugas

Ketiganya tewas setelah tertembus timah panas lantaran melawan petugas saat dilakukan pengembangan kasus.

Unit IV Subdit 3 Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya baru saja membekuk tiga pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) berinisial HS (23), AC (25), dan MBID (17).

Ketiganya tewas setelah tertembus timah panas lantaran melawan petugas saat dilakukan pengembangan kasus.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menjelaskan eksekutor pencurian tersebut sudah dua tahun melakukan aksi kriminalnya. Mereka pun kerap membawa senjata api untuk melindungi dirinya. Setidaknya, dalam sehari mereka bisa menggasak empat sepeda motor.

"Selama dua tahun itu sehari minimal empat lokasi, barang bukti empat sepeda motor yang diamankan itu adalah hasil satu hari," kata Argo di RS Polri Kramat Jati, Selasa (30/4).

VIDEO: Pemuda Tewas Dikeroyok di Kebagusan, Karena Nantang di Live Instagram

Penangkapan seluruh tersangka termasuk dua pengantar barang curian MI (18), IS (23) dan AK (37), L (33) dua penadah berawal dari empat laporan masyarakat selama bulan April 2019.

Argo mengaku belum dapat memastikan jumlah hasil curian dan di wilayah mana saja mereka beraksi karena hingga kini masih dalam pengembangan untuk membekuk penadah lain yang terlibat.

VIDEO: Rey Utami Minta Maaf Karena Panjat Sosial

"Ada juga masyarakat yang kecurian tapi tidak melapor ke pihak kepolisian. Pengantar dan penadahnya juga tidak hanya ini, masih kita lakukan pengejaran. Ada beberapa orang yang terlibat," ujarnya.

Perihal senjata api yang digunakan, Argo menyebut senjata api kaliber 38 yang dibawa ketiga tersangka merupakan rakitan yang dibawa dari Lampung ke Jakarta.

Selain dua senjata api berikut sembilan peluru, penyidik juga mengamankan, satu kunci leter T, sembilan anak kunci leter T, 13 handphone berisi percakapan transaksi para pelaku.

"Pelaku secara bersama-sama mencari sasaran sepeda motor yang diparkirkan dalam halaman rumah dengan membawa kunci letter T dan senjata api di wilayah Jakarta dan Tangerang," tuturnya.

VIDEO: Tekuni Bisnis Fashion, Bella Shofie Luncurkan Busana Ramadan

Dari hasil pemeriksaan kepada tujuh tersangka, Argo mengatakan sepeda motor hasil curian itu dipasarkan ke wilayah Pandeglang, Banten dengan harga sekitar Rp 2 juta.

Guna mempercepat proses penyidikan, penyidik Unit IV Subdit 3 Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya bakal beko dengan Polres sekitar wilayah para pelaku beraksi.

"Nanti kita cek laporan masyarakat, apakah ada di Polres atau di Polda. Dari sana kan diketahui lokasi-lokasi pencurian yang sudah dilaporkan masyarakat dan modusnya serupa," lanjut Argo.

Untuk mencegah aksi serupa terulang Argo mengimbau masyarakat tak lupa mengunci setang kemudi dan menambah kunci pengaman saat memarkirkan sepeda motornya. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved