Transportasi Jakarta

Ternyata Stasiun Lebak Bulus dan Bundaran HI Jadi Stasiun Tujuan Terfavorit Penumpang MRT Jakarta

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta menjelaskan Stasiun MRT Jakarta Lebak Bulus dan Bundaran HI jadi stasiun tujuan terfavorit penumpang MRT

Ternyata Stasiun Lebak Bulus dan Bundaran HI Jadi Stasiun Tujuan Terfavorit Penumpang MRT Jakarta
Warta Kota/Henry Lopulalan
Calon penumpa antre membeli kartu single trip di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2019). 

Laporan Wartawan Eartakotalive.com, Rangga Baskoro

MENTENG, WARTAKOTALIVE.COM -- Kamal Muhammad Kamaluddin, Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta menjelaskan Stasiun MRT Jakarta Lebak Bulus dan Bundaran HI jadi stasiun tujuan terfavorit penumpang MRT Jakarta.

Hal itu didasarkan pada data jumlah penumpang yang tercatat naik dan turun di dua stasiun tersebut.

"Total penumpang kami per hari ada sekitar 79.000 orang. Rata-rata ada sekitar 30.000 sampai 40.000 orang yang naik dan turun dari stasiun tersebut. Hampir setengahnya dari total penumpang," ujar Kamaluddin saat dikonfirmasi, Selasa (30/4).

Alasannya, sambung Kamaluddin, yakni karena tingginya tingkat kemacetan di daerah Jakarta Selatan.

Masyarakat yang enggan berlama-lama saat perjalanan cenderung lebih memilih untuk menaiki MRT.

"Kalau Lebak Bulus dan Bundaran HI mereka gunakan MRT karena mobilitas terjauh. Memang yang paling terbantu untuk mengatasi kemacetan mereka yang tinggal di Lebak Bulus ke Bundaran HI. Kalau turun di HI kan mereka kemudian bisa melanjutkan naik TJ. Jadi banyak penumpangnya," ucapnya.

Meski begitu, Kamaluddin mengatakan belum mengantungi kajian terkait penurunan tingkat kemacetan di kawasan Jakarta Selatan sejak MRT dioperasikan pada awal April lalu.

"Untuk kondisi jalan raya ukurannya bukan di kami, tapi dari Dinas Perhubungan. Kami masih menunggu data dari pihak yang terkait karena mungkin mereka punya data yang akurat ya," jelas Kamaluddin.

Stasiun lain dengan minat tertinggi lainnya yakni Stasiun Blok M. Kamal menjelaskan hal itu terjadi karena Blok M merupakan area perbelanjaan yang banyak dikunjungi masyarakat. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved