Ibu Kota Pindah

Pemindahan Ibu Kota Dituding Pengalihan Isu Pemilu, Sutopo Purwo Nugroho Bilang Enggak Nyambung

Sutopo Purwo Nugroho ikut mengomentari wacana pemindahan Ibu Kota Negara ke luar Pulau Jawa.

Pemindahan Ibu Kota Dituding Pengalihan Isu Pemilu, Sutopo Purwo Nugroho Bilang Enggak Nyambung
Tribunnews.com/Gita Irawan
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugorho di Graha BNPB Jakarta Timur ketika menyampaikan perkembangan terakhir bencana banjir bandang di Sentani Jayapura pada Minggu (17/3/2019) pukul 16.00 WIB. 

KEPALA Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho ikut mengomentari wacana pemindahan Ibu Kota Negara ke luar Pulau Jawa. 

"Saya mengkhabarkan pemerintah akan membahas lebih lanjut soal rencana pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa," tulisnya di akun Twitter @Sutopo_PN, Selasa (30/4/2019),

"Rencana pemindahan ibu kota sudah menjadi isu strategis. Tapi komentar netizen kok: 1. Ini upaya pengalihan situng KPU. 2. Pemilu harus diulang. Nggak nyambung," sambungnya.

Pemerintah, kata Sutopo Purwo Nugroho, terus mematangkan rencana pemindahan ibu kota Indonesia.

Kajian tahap awal dari Bappenas, paparnya, pemilihan wilayah ibu kota mengerucut pada tiga kandidat, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

"Kalimantan memang aman dari gempa. Bagaimana menurut anda?" Tanya Sutopo Purwo Nugroho.

Sebelumnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memberikan tiga alternatif terkait lokasi pemindahan ibu kota dari luar Jakarta.

Menurut Bambang, ibu kota negara di Jakarta sudah tidak mendukung lagi, mengingat banyaknya problem kemacetan, banjir, penurunan tanah, hingga ketersediaan air.

"Kita semua juga harus mengakui saat ini problem kemacetan itu sangat parah. Kerugian ekonomi akibat kemacetan saja sekarang sudah mendekati Rp 100 triliun per tahun," kata Bambang seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Direktur Utama PLN Sofyan Basir Jadi Tersangka Kasus Korupsi Proyek PLTU Riau-1, Ini Perannya

Selain itu daya dukung lingkungan Jakarta sudah tidak baik," kata Bambang Brodjonegoro seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Halaman
1234
Penulis: Yaspen Martinus
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved