Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar Optimis Pengelolaan Lingkungan akan Makin Baik di Masa Depan

Penegasan Menteri LHK ini dikemukakan, usai bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar Optimis Pengelolaan Lingkungan akan Makin Baik di Masa Depan
Warta Kota/Istimewa
Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, usai penandatanganan MoU bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Mereka menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Koordinasi dan Kerja sama dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar mengatakan, ke depannya, pengelolaan lingkungan akan makin baik karena penanganan bersama reklamasi, rehabilitasi, keselamatan, lubang eks tambang, pengawasan Pertambangan skala kecil Tanpa Izin (PETI), dan kerja sama Gakkum.

Hal penting lainnya terkait National Determined Contribution (NDC).

“Sudah sangat banyak yang dikerjakan ESDM, dalam kaitannya dengan pengurangan emisi gas rumah kaca dari sektor energi dan NDC."

"Dalam hal pengembangan energi, misalnya soal mobil listrik, panel surya, penerapan B20, serta energi angin."

"Itu semua langkah yang sangat dahsyat dari ESDM,” kata Menteri Siti.

Penegasan Menteri LHK ini dikemukakan, usai bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, saat mereka menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Koordinasi dan Kerja sama dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, usai penandatanganan MoU bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.
Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, usai penandatanganan MoU bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Mereka menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Koordinasi dan Kerja sama dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Warta Kota/Istimewa)

Penandatanganan MoU itu dilaksanakan di Kantor Kementerian LHK, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Terkait dengan NDC Indonesia, menurut Menteri Siti, antara sektor kehutanan dan sektor energi seperti berlomba dalam kontribusinya.

Dalam pengendalian perubahan iklim, pemerintah Indonesia telah berkomitmen menurunkan emisi 29% melalui upaya sendiri dan 41% dengan bantuan internasional.

“Dalam exercise kita kadang 17% kehutanan dan 11% energi, dan 1% lainnya kadang-kadang juga naik dari energi bisa 13%, dan dari kehutanan bisa 14%."

"Sementara di internasional fokus utama penurunan emisi ada pada sektor energi," kata Menteri Siti Nurbaya Bakar, yang tampak optimis.

Halaman
1234
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved