Menkominfo Rudiantara Uji Coba Jaringan Palapa Ring, Teleteaching Dari Timika

“Dengan kehadiran internet cepat berbasis serat fiber yakni proyek palapa ring maka pengajaran jarak jauh menjadi sangat memungkinkan,

Menkominfo Rudiantara Uji Coba Jaringan Palapa Ring, Teleteaching Dari Timika
istimewa
Tele Teaching uji coba "Tol Langit" proyek internet Palapa di Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengujicoba infrastruktur internet, ‘Tol Langit’ dari Timika, Papua dengan melakukan pengajaran jarak jauh atau teleteaching ke Jakarta dan Pulau Natuna, Selasa (30/4/2019).

Melalui jaringan serat fiber, sambungan video dari Timika, Natuna dan Jakarta sangat lancar.

Pemanfaatan infrastruktur ini diharapkan bisa mengakselerasi pemerataan kualitas pendidikan di tanah air.

Kegiatan ini melibatkan 90 guru SD di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau dan Timika, Papua. Di Jakarta aktivitas dilakukan di Universitas Trilogi, Kalibata, Jakarta Selatan.

Rudiantara mengatakan dari ratusan ribu sekolah yang tersebar dari Sabang-Merauke belum semuanya mendapatkan kualitas pendidikan yang merata.

Karena itulah pengajaran jarak jauh atau teleteaching menjadi tidak terhindarkan.

“Ada 200 ribu lebih sekolah negeri, 90 ribu diantaranya belum terkoneksi internet cepat. Palapa Ring Barat dan Tengah sudah selesai 100 persen dan beroperasi sejak 2018. Untuk Palapa Ring Timur sudah mencapai 96 persen. Akhir pekan ini akan dimulai proyek Satelit Multifungsi yang khusus internet cepat. Kalau semua sudah beroperasi maka semua wilayah akan terkoneksi dan Insya Allah semua sekolah bisa menikmati internet cepat,” kata Rudiantara dalam sambungan video dari SDN Pomako, Timika, Papua

Rudiantara menjelaskan proyek Palapa Ring hadir untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dalam ketersediaan jaringan internet yang ke depannya akan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

“Pemanfaatan jaringan Palapa Ring yang dikembangkan oleh Kemenkominfo ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat luas, termasuk salah satunya untuk penunjang dunia pendidikan jarak jauh yang dilaksanakan pada hari ini,” kata Rudiantara dalam sambungan video dari SDN Pomako, Timika, Papua.

Diharapkan, sambung Rudiantara, dengan ketersediaan jaringan internet yang mengoneksi satu wilayah dengan wilayah lain, dapat turut mendukung program pendidikan nasional, dimana program pengajaran maupun pendidikan untuk guru dan murid dapat dilaksanakan tanpa tatap muka namun melalui koneksi jaringan.

Halaman
123
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved