Berita Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi Ajak Masyarakat Siap Siaga Hadapi Bencana

Pemerintah Kabupaten Bekasi mengajak masyarakat untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

Pemkab Bekasi Ajak Masyarakat Siap Siaga Hadapi Bencana
Dokumen BPBD
Sejumlah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, saat melakukan simulasi siap siaga bencana. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Muhammad Azzam

BEKASI, WARTAKOTALIVE.COM -- Pemerintah Kabupaten Bekasi mengajak masyarakat untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

Untuk itu pihaknya rutin melakukan simulasi dan penyuluhan tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana, baik ke masyarakat maupun komunitas.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan, pemahaman masyarakat dalam menghadapi bencana sangat diperlukan.

Pasalnya, dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penangulangan Bencana, memunculkan program pemerintah yang mendukung kegiatan kesiapsiagaan terhadap bencana dalam pengelola risiko bencana.

"Jadi merubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke preventif. Makanya perlu dimulai dari diri keluarga dan komunitas," kata Eka, Minggu (28/4/2019).

Ia menjelaskan penanganan bencana menjadi tanggungjawab semua pihak, oleh sebab itu perlu dilakukan berbagi peran, dan tanggungjawab dalam peningkatan kesiapsiagaan.

"Ini tanggungjawab kita semua atau shares responsibility, semua tingkatan berperab, mau itu orang dewas atau remaja," katanya.

Eka menambah sangatlah penting pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap karakteristik bencana dan resiko bencana, serta kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman yang ada disekitarnya.

"Kewaspadaan dan kesiapsiagaan belum menjadi budaya. Ini harus terus dibangun, kita akan rutin lakukan simulasi dan pelatihan dengan melibatkan banyak unsur," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya mengungkapkan, menurut hasil penelitian dan survei di Jepang, bahwa korban bencana yang dapat selamat dalam durasi golden Times disebabkan oleh kesiapsiagaan diri sendiri sebesar 35%, dukungan anggota keluarga 31,9%, dukungan teman atau tetangga sebesar 28,1%, dukungan orang sekitarnya 2,6% dukungan tim SAR 1,7%, dan lain-lain 0,9%.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved