Anies Baswedan akan Membangun Banyak Waduk untuk Menanggulangi Banjir Jakarta

Sejumlah waduk yang di bangun di Bogor hingga wilayah selatan Jakarta dapat mengendalikan debit air yang mengalir menuju Ibu Kota.

Anies Baswedan akan Membangun Banyak Waduk untuk Menanggulangi Banjir Jakarta
Warta Kota/Adhy Kelana
Genangan yang melanda kawasan DKI Jakarta akibat banjir kiriman. 

Banjir yang kembali melanda Ibu Kota ditegaskan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan sebagai bukti pentingnya peran waduk guna menahan air kiriman dari wilayah selatan Jakarta.

Terkait hal tersebut, Anies Baswedan menyebutkan pihaknya akan membangun sejumlah waduk sebagai lokasi penampung air yang mengalir di sebanyak 13 sungai besar yang membelah Ibu Kota.

"Jadi, situasi seperti ini mengharuskan kita membangun lebih banyak waduk-waduk untuk penahan air sebelum masuk Jakarta."

"Karena, kalau kita hanya membereskan di Jakarta tidak ada artinya."

"Mengapa?"

"Karena, nanti kita akan berhadapan dengan permukaan laut yang lebih tinggi daripada permukaan air sungai," ungkap Anies Baswedan kepada wartawan di Pintu Air Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Jumat (26/4/2019).

Sehingga, lanjut Anies Baswedan, penyelesaian masalah banjir tidak hanya semata dilakukan di wilayah DKI Jakarta, tetapi juga meliputi wilayah hulu sungai, yakni Bogor, Jawa Barat.

Tekad Menjaga Kedaulatan NKRI Mengemuka di CyberFest 2019 yang Digelar Badan Siber dan Sandi Negara

Sebab, menurutnya, waduk yang di bangun di Bogor hingga wilayah selatan Jakarta dapat mengendalikan debit air yang mengalir menuju Ibu Kota.

"Justru, yang harus dibereskan adalah bagaimana airnya bisa ditahan di hulu dan antara hulu dan Jakarta, sehingga volume air yang masuk di Jakarta terkendali," jelas Anies Baswedan.

Anies pun menyebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Pemerintah Kotamadya Bogor bersama Balai Besar Sungai Wilayah Ciliwung Cisadane (BBSWCC) kini tengah membangun sejumlah waduk di wilayah Bogor yang akan berlanjut ke wilayah selatan Jakarta.

"Saat ini sedang dibangun dua waduk di Kabupaten Bogor dan dua waduk ini kalau selesai Insya Allah bulan Desember ini (2019) selesai, maka dia akan membantu menahan," jelas Anies Baswedan.

"Tapi, kita akan perlu lebih banyak lagi di mana dibantara Bogor dan Jakarta dan ini kita sedang siapkan tempat-tempat yang nantinya bisa dibangun kolam-kolam refensi."

"Fungsinya semata-mata untuk menahan aliran air agar tidak langsung sekonyong-konyong semua datang ke Jakarta," kata Anies Baswedan.

Sudinsos Tambah Kuota Paket Makanan di Dapur Umum Posko Pengungsian di Rawajati Tadi Malam

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved