Eksklusif Warta Kota

Keberhasilan PSI di Jakarta, Ketua DPW PSI : Ini Bentuk Kepercayaan Publik

Berdasarkan hasil quick count berbagai lembaga survei Pemilu 2019 yang berlangsung 17 April lalu, PSI diprediksi meraih 8 persen suara di Jakarta

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Dian Anditya Mutiara
istimewa
Ketua DPW PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar 

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberi kejutan di DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil quick count berbagai lembaga survei Pemilu 2019 yang berlangsung 17 April lalu, PSI diprediksi meraih 8 persen suara di Jakarta.

Angka tersebut menempatkan mereka di posisi empat besar. Sebagai partai baru, apa yang dicapai PSI menyedot perhatian.

Secara eksklusif kepada wartawan Warta Kota, Feryanto Hadi, Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar membagi pandangannya soal keberhasilan PSI.

Berikut petikan wawancara yang berlangsung, Kamis (25/4) kemarin.

Berbagai quick count menempatkan PSI di urutan empat besar partai dengan perolehan suara tertinggi di Jakarta. Tanggapan Anda?

Berdasarkan beberapa hasil quick count yang sudah dipublikasi seperti Cyrus Network, CSIS, dan Indobarometer, PSI diprediksi menempati posisi empat besar.

Tentunya ini capaian luar biasa. Kalau dilihat, di luar negeri bahkan PSI merajai hasil penghitungan suara (real count) di negara-negara maju.

Bukan hanya di Jakarta, tapi di kota besar lain seperti Surabaya dan Semarang yang datanya sudah masuk PSI juga berhasil mendapat banyak dukungan sebagai partai baru.

Kami menginterpretasikan ini sebagai bentuk kepercayaan publik, khususnya dari kalangan masyarakat yang kritis dan sudah jenuh dengan partai dan cara berpolitik yang ada saat ini. Ini yang berhasil kami kapitalisasi yaitu rasa ketidakpuasan dan kejenuhan kami ubah menjadi harapan baru.

Isu Sandiaga Uno Kembali Jadi Wagub DKI, Sekjen PSI: Benar-Benar Sandiwara Kekuasaan yang Menarik

Bagaimana strategi calon-calon legislatif PSI untuk bersaing dengan tokoh dari partai-partai besar hingga bisa merebut hati masyarakat Jakarta?

Jakarta terhitung daerah pemilihan yang sangat keras. Kami selalu sampaikan ke para caleg baik DPR dan DPRD bahwa kunci untuk menang adalah harus mau turun ke lapangan. Untungnya, di Jakarta masyarakat juga sangat mahir dan terbiasa menggunakan teknologi dan medsos sehingga kami blusukan bukan hanya ke kampung-kampung tapi juga "blusukan" online.

Dari hasil perolehan suara sementara, bagaimana dan di dapil mana saja lumbung suara PSI dan apa faktornya?

Kami masih mengumpulkan data dan mengawal rekapitulasi di tingkat kecamatan. Masih terlalu awal untuk kami bisa menyimpulkan di basis-basis mana saja kami kuat. Yang pasti, suara kami banyak di Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved