Pemilu 2019

Rekapitulasi Suara Nasional Berjalan Lambat, Komisioner KPU: Belum Selesai

Rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat nasional yang rencananya dilakukan pada hari ini, Kamis (25/4/2019) belum dapat dilakukan.

Rekapitulasi Suara Nasional Berjalan Lambat, Komisioner KPU: Belum Selesai
Warta Kota/Muhamad Azzam
Komisioner KPU RI Ilham Saputra takjub dengan kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari kardus tetapi kuat menahan beban hingga 107 kilogram. 

Rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat nasional yang rencananya dilakukan pada hari ini, Kamis (25/4/2019) belum dapat dilakukan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra beralasan karena panjangnya proses rekapitulasi suara yang kini berlangsung di tingkat kecamatan yang berlanjut ke tingkat kabupaten, provinsi, hingga ke tingkat nasional.

"Bukan diundur tapi memang di kabupaten, kota dan Provinsi belum selesai lakukan rekapitulasi. Jadi ya belum bisa lakukan rekapitulasi nasional," ungkapnya kepada wartawan di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (25/4/2019).

Walau begitu, lanjutnya, proses rekapitulasi suara yang dilakukan di tingkat kecamatan sebagian besar telah selesai. Pihaknya memberikan batas waktu rekapitukasi suara di tingkat kecamatan selama 17 hari, terhitung sejak pemungutan suara dilakukan, yakni pada Rabu (17/4/2019).

"Sejauh ini sudah ada Kecamatan yang selesai (lakukan rekap). Ya memang rekap itu kan range-nya panjang. Kalau kemudian di kabupaten, kota belum selesai dan provinsi belum selesai, kita tunggu," jelas Ilham.

Sesuai jadwal, rekapitulasi di tingkat kecamatan dijelaskannya dimulai pada tanggal 18 April 2018 yang berakhir paling lambat 4 Mei 2019. Kemudian, rekapitulasi suara dilanjutkan di tingkat kabupaten atau kota mulai dari tanggal 20 April 2019 hingga 7 Mei 2019.

Sementara, rekapitulasi di tingkat provinsi akan dilakukan mulai dari tanggal 22 April 2019 yang selesai paling lambat tanggal 12 Mei 2019. Sedangkan rekapitulasi suara di tingkat nasional dimulai pada tanggal 25 April 2019 hingga tanggal 22 Mei 2019 mendatang.

Tiga Kabupaten

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra menyebutkan terdapat tiga kabupaten yang telah menyelesaikan proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di tingkat kabupaten.

Ketiga Kabupaten yang telah menyelesaikan rekapitulasi suara adalah Kabupaten Kuningan di Jawa Barat, Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah, dan Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved