Breaking News:

4 BUMN Akan Akuisisi Pengelola LinkAja! Melalui Perusahaan Modal Ventura

Empat BUMN Akan Akuisisi Pengelola LinkAja! Melalui Perusahaan Modal Ventura.

Warta Kota/Aloysius Sunu D
Ada empat bank BUMN yang tergabung di Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara akan mengakuisisi PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), pengelola LinkAja! 

Akan melakukan akuisisi pengelola LinkAja! melalui perusahaan entitas anak yang merupakan perusahaan modal ventura.

Saat ini kepemilikan saham Finarya masih dipegang oleh PT Telkomsel.

WARTA KOTA, PALMERAH--- Ada empat bank BUMN yang tergabung di Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara akan mengakuisisi PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), pengelola LinkAja!

Keempat bank BUMN itu akan melakukan akuisisi pengelola LinkAja! melalui perusahaan entitas anak yang merupakan perusahaan modal ventura.

Hal ini dilakukan lantaran Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 36/POJK.03/2017 tentang Prinsip Kehati-hatian dalam Kegiatan Penyertaan Modal menyatakan perbankan dilarang melakukan penyertaan modal selain kepada lembaga jasa keuangan (LJK).

Harga Tiket Pesawat Mahal, Ada Permintaan PHRI kepada Pemerintah

Baru PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk yang masing-masing melalui PT BRI Ventura Investama dan PT Mandiri Capital Indonesia yang memiliki modal ventura untuk bisa mewujudkan rencana tersebut.

“Kami akan masuk Finarya melalui BRI Ventura. Untuk itu, tahun ini kami akan menyertakan modal ke sana nilainya kurang lebih Rp 1 triliun. namun, untuk penyertaan (ke Finarya) tidak sampai sebesar itu,” kata Direktur Utama BRI Suprajarto, usai paparan kinerja kuartal I 2019, Rabu (24/4/2019).

Strategi serupa juga akan dilakukan Bank Mandiri, sumber Kontan.co.id yang mengetahui proses ini namun enggan disebut indentitasnya mengonfirmasi hal tersebut.

Cerita Lo Kheng Hong Dapat Untung Rp 10 Miliar Dalam Satu Hari

Namun, hingga saat ini Bank Mandiri jelas si sumber masih belum memberikan kepastian, lantaran masih menunggu persetujuan pemangku kebijakan lainnya.

Saat ini kepemilikan saham Finarya masih dipegang oleh PT Telkomsel.

Halaman
123
Editor:
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved