Ledakan Bom di Sri Lanka

Terungkap, Ancaman Awal Rentetan Bom Sri Lanka Berasal dari Seorang Tersangka ISIS di India

PADA 4 April 2019, pejabat Sri Lanka telah mendapat informasi tentang rencana potensial serangan bom bunuh diri terhadap gereja dan tempat wisata.

Terungkap, Ancaman Awal Rentetan Bom Sri Lanka Berasal dari Seorang Tersangka ISIS di India
Repro Youtube
Pelaku bom bunuh diri tertangkap kamera pemantau saat lintasi pintu di sebelah kiri berjalan di selasar sebelum memasuki Gereja Santo Sebastian, Negombo, Sri Lanka, Minggu (21/4/2019). 

Pria itu disebut bernama Zharan Hashim. Wajahnya sesuai pada sebuah video yang dirilis oleh ISIS pada Selasa kemarin, setelah mengklaim melakukan teror ledakan bom di sejumlah Gereja dan Hotel Sri Lanka.

PADA 4 April 2019, pejabat Sri Lanka telah mendapat informasi tentang rencana potensial serangan bom bunuh diri terhadap gereja dan tempat wisata.

Informasi berdasarkan laporan intelijen itu diberikan sebelum rentetan ledakan bom di sejumlah gereja dan hotel Sri Lanka terjadi pada hari raya Paskah, Minggu (21/4/2019).

Laporan badan intelijen India kepada pejabat Sri Lanka sebelum teror bom bunuh diri di Sri Lanka itu disebut berdasarkan informasi yang diperoleh dari seorang tersangka ISIS.

9 Fakta Pelaku Bom Bunuh Diri Sri Lanka, Anak Pedagang Kaya hingga Bantahan Indonesia dan Klaim ISIS

Klaim Bertanggung Jawab Atas Ledakan Bom di Sri Lanka, ISIS Beberkan Nama Pelaku dan Rilis Foto

Aparat keamanan Sri Lanka berjalan di antara puing di dalam gereja St Sebastian, Negombo, sebelah utara Kolombo. Gereja ini menjadi salah satu tempat yang menjadi sasaran ledakan pada Minggu (21/4/2019).
Aparat keamanan Sri Lanka berjalan di antara puing di dalam gereja St Sebastian, Negombo, sebelah utara Kolombo. Gereja ini menjadi salah satu tempat yang menjadi sasaran ledakan pada Minggu (21/4/2019). (AFP/STR)

Menurut informasi yang dihimpun CNN, Selasa (23/4/2019), seperti dikutip Wartakotalive.com dari Kompas.com, India menyampaikan laporan intelijen khusus yang tidak biasa dalam hari-hari jelang serangan yang menewaskan lebih dari 300 orang itu.

Beberapa di antaranya diperoleh dari keterangan terhadap seorang tersangka ISIS yang ditangkap di India.

Tersangka itu memberikan informasi kepada penyelidik nama seorang pria yang dia latih di Sri Lanka, dikaitkan dengan kelompok ekstremis setempat yang terlibat dalam aksi pengeboman.

Terkuak Lewat Rekaman CCTV Saat Pelaku Bom Bunuh Diri Menenteng Ransel Berat Memasuki Gereja

Ini 2 Pelaku Bom Paskah Sri Lanka, Korban Tewas Bertambah Jadi 310 Orang, 500 Terluka

Pria itu disebut bernama Zharan Hashim.

Wajahnya sesuai pada sebuah video yang dirilis oleh ISIS pada Selasa kemarin, setelah mengklaim melakukan teror ledakan bom di sejumlah Gereja dan Hotel Sri Lanka.

Keterlibatan organisasi asing akan menjelaskan bagaimana kelompok ekstremis domestik, National Thowheeth Jamaath (NTJ), terlibat dalam salah satu kekejaman teroris terburuk sejak peristiwa 9/11.

Halaman
1234
Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved