Ledakan Bom di Sri Lanka

Korban Tewas Bom Sri Lanka Capai 359 Orang, Polisi Terus Buru Orang-orang yang Diduga Terlibat

JUMLAH korban tewas bom bunuh diri Sri Lanka terus bertambah. Laporan terkini kepolian setempat, korban tewas mencapai 359 orang.

Korban Tewas Bom Sri Lanka Capai 359 Orang, Polisi Terus Buru Orang-orang yang Diduga Terlibat
AFP/Mohd Rasfan via Kompas.com
SEJUMLAH warga Sri Lanka berdoa di luar gereja St Anthony di Kolombo, Senin (22/4/2019), sehari setelah tempat ibadah umat Katolik itu diguncang serangan bom. 

Semalam, polisi Sri Lanka telah melakukan penggerebekan dan menahan 18 orang lagi dalam perburuan siapa saja yang terlibat teror ledakan bom di sejumlah gereja dan hotel Sri Lanka tersebut. Total sudah sekitar 60 orang yang ditahan polisi setempat.

JUMLAH korban tewas bom bunuh diri di Sri Lanka terus bertambah. Menurut rilis Kepolisian Sri Lanka, Rabu (24/4/2019), rentetan bom di tiga gereja dan tiga hotel mewah itu pada Minggu Paskah lalu menewaskan 359 orang.

Bertambahnya jumlah korban tewas bom Sri Lanka tersebut menyusul banyaknya korban luka parah yang tak dapat diselematkan. Demikian laporan kantor berita AFP, Rabu (24/4/2019).

Sementara itu, seperti dikutip Wartakotalive.com dari Kompas.com, lebih dari 500 orang dikabarkan terluk dalam serangan yang diklaim oleh kelompok ISIS itu.

Terungkap, Ancaman Awal Rentetan Bom Sri Lanka Berasal dari Seorang Tersangka ISIS di India

9 Fakta Pelaku Bom Bunuh Diri Sri Lanka, Anak Pedagang Kaya hingga Bantahan Indonesia dan Klaim ISIS

Inilah Dua Pelaku Bom Paskah Sri Lanka, Korban Tewas Bertambah Jadi 310 Orang, 500 Terluka! Zahran Hasyim dan Abu Mohammed dua pelaku bom bunuh diri yang menewaskan 310 orang.
Inilah Dua Pelaku Bom Paskah Sri Lanka, Korban Tewas Bertambah Jadi 310 Orang, 500 Terluka! Zahran Hasyim dan Abu Mohammed dua pelaku bom bunuh diri yang menewaskan 310 orang. (facebook)

Atas insiden itu, pemerintah Sri Lanka menuding kelompok radikal yang kurang dikenal sebelumnya, National Thowheeth Jamaath (NTJ).

Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengatakan, kelompok tersebut kemungkinan mendapat bantuan internasional.

"Tentu saja aparat keamanan berpandangan ada hubungan asing dan beberapa bukti memang menunjukkan hal itu," ucapnya pada Selasa malam.

"Kami telah menindaklanjuti klaim ini. Ada kecurigaan ada hubungannya dengan ISIS," imbuhnya.

Klaim Bertanggung Jawab Atas Ledakan Bom di Sri Lanka, ISIS Beberkan Nama Pelaku dan Rilis Foto

Terkuak Lewat Rekaman CCTV Saat Pelaku Bom Bunuh Diri Menenteng Ransel Berat Memasuki Gereja

Hampir 60 orang ditahan

Semalam, polisi Sri Lanka telah melakukan penggerebekan dan menahan 18 orang lagi dalam perburuan siapa saja yang terlibat teror.

Sejauh ini, hampir 60 orang telah ditahan sejak ledakan terjadi pada Minggu Paskah tersebut.

Seperti diketahui, rentetan ledakan bom menghancurkan hotel mewah dan gereja yang penuh dengan umat ketika mengikuti perayaan Pakskah di Kolombo dan sekitarnya.

Serangan itu merupakan kekerasan terburuk di Sri Lanka sejak akhir pemberontakan Tamil atau perang saudara di Sri Lanka pada satu dekade lalu. (Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Total Korban Tewas Serangan Bom di Sri Lanka Jadi 359 Orang"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved