Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Dua Ruko di Tanahabang Ludes Terbakar, Diduga Karena Korsleting

Sementara itu, salah satu ruko yang terbakar merupakan milik Eli (46). Ia mengaku saat kebakaran terjadi dirinya belum tiba di lokasi

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ahmad Sabran

Dua ruko di Pasar Tanah Abang Blok C terbakar Senin (22/4) pagi. Namun beruntung upaya pemadaman dilakukan dengan cepat hingga tidak menjalar ke ruko lainnya.

Dua ruko yang terbakar berada di lantai 3 Jembatan Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, hingga saat ini proses pemadaman telah selesai dilakukan, dan beberapa unit damkar telah meninggalkan lokasi.

Kebakaran ini sempat membuat panik beberapa pedagang yang baru saja membuka pertokaanya. Pasalnya kebakaran terjadi sekitar pukul 07.10, ketika para pedagang tengah memulai aktifitasnya.

VIDEO: Empat Pemuda Kejang-kejang Setelah Minum Kopi Dioplos di Dekat Living World

Salah satu pedagang Hendra mengatakan saat kebakaran terjadi telihat asap putih mengepul dari plafon ruko. Saat ini beberapa pedagang berupaya mencari sumber api, untuk melakukan upaya pemadaman.

"Itu asap mengepul, dari plafon, karena kan lokasinya deket sama kantin ya, jadi banyak yang tahu, pokoknya tiba-tiba asap aja," kata Hendra, Senin (22/4/2019).

VIDEO: Prisia Nasution Ajarkan Bela Diri ke Driver Ojol Perempuan

Menurutnya, beberapa ruko yang dekat dengan lokasi banyak diantaranya belum buka, sehingga menyulitkan pedagang untuk berupaya memadamkan api yang membakar plafon. Beruntung damkar bergerak dengan cepat hingga api tidak membesar.

"Untung aja damkar disini deket kalo ngak mah bisa abis. Api sih ngak besar, baru kecil, makannya langsung cepet dipadamkan," katanya.

Sementara itu, salah satu ruko yang terbakar merupakan milik Eli (46). Ia mengaku saat kebakaran terjadi dirinya belum tiba di lokasi. Ia mengetahui adanya kebakaran ketika banyak mobil damkar yang terparkir di Jalan.

"Saya juga ngak tahu, tahu-tahu udah banyak damkar, pas saya tanya katanya di lantai 3, langsung saya cek, ngak tahunya ruko saya. Tapi alhamdulillah barang dagangan gak ada yang terbakar, hanya basah aja sebagian," kata Eli.

Meski barang dagangnya tidak terbakar namun beberapa baju yang ia jual basah, karena terkena air saat proses pemadaman berlangsung, selain itu beberapa plafon rukonya juga rusak karena digunakan untuk memadamkan api.

Namun ia mengaku tidak mengetahui berapa kerugian yang ia derita atas peristiwa kebakaran ini.

"Ya kalo kayak gini gimana, namanya musibah kita ngak tahu, yang penting mah dagangan selamat, itu aja lah, kalo abis kebakar kita yang pusing," ujarnya.

Terpisah, Kasi Penanggulan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Mulyanto mengatakan hingga saat ini api sudah dapat dipadamkan. Namun untuk sementara aliran listrik belum dapat padamkan.

VIDEO: UNBK di SMPN 12 Jakarta Selatan, Orangtua Murid Siapkan Posko Sarapan Sehat

"Sudah padam, hanya saja aliran listrik masih di padamkan untuk seluruh lantai, jadi sudah bisa digunakan lagi untuk aktifitas perdagangan," katanya.

Menurut Mulyanto, kebakaran terjadi karena adanya arus pendek yang berada di salah satu ruko. Namun kebakaran dapat segera dinetralisir hingga tidak terjadi perambatan ke beberapa ruko lainnya.

Dalam upaya pemadaman ini pihaknya mengerahkan sebanyak 20 unit damkar ke lokasi. Tidak ada korban jiwa atas kebakaran ini, namun beberapa pedagang mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. (JOS)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved