Breaking News:

UNBK di Tangerang Terkendala Keterbatasan Komputer dan Jaringan Internet yang Lemah

Pelaksanaan UNBK di Tangerang menghadapi kendala keterbatasan komputer dan jaringan internet yang lemah.

istimewa
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meninjau pelaksanaan UNBK di salah satu sekolah. 

Pelaksanaan UNBK di Tangerang menghadapi kendala keterbatasan komputer dan jaringan internet yang lemah sebagaimana terungkap dalam kunjungan Bupati Tangerang ke sejumlah sekolah.

Sebanyak 38.230 siswa SMP di Kabupaten Tangerang mengikuti ujian nasional mulai Senin (22/4/2019). Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar meninjau langsung pelaksanaan ujian tersebut.

Zaki ditemani Kepala Dinas Pendidikan Hadisa Mashyur berkeliling ke beberapa SMP di Kabupaten Tangerang. Satu di antaranya SMP N 1 Curug, Kabupaten Tangerang.

Dalam kunjungannya tersebut, Zaki meninjau beberapa fasilitas sekolah. Seperti kantin, ruang guru, fasilitas kelas terutama komputer yang digunakan siswa untuk melaksanakan UNBK.

Sambil mengelilingi SMPN 1 Curug, Zaki mengatakan masih adanya kekurangan dalam penyediaan ruangan ujian UNBK atau laboratorium komputer.

"Nanti kedepannya kan memang yang sangat terbatas ruang laboratorium komputer yang harus berbeda dari ruang kelas biasa. Karena ada beberapa perangkat elektronik dan lunak mesti dijaga. Tentu saja setiap SMP nanti memiliki laboratorium komputer minimal empat ruangan agar bisa menampung," ujar Zaki.

Lanjutnya, selain penyediaan perangkat seperti komputer dan laboratorium, penyediaan perangkat lunak seperti internet masih kendala di Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyied yang turut dalam rombongan juga mengatakan, ujian nasional didapati berjalan dengan lancar dan diikuti seluruh peserta.

Kesiapan sekolah dalam menghadapi UNBK sudah cukup matang, dalam prosesnya terpantau kondusif.

Selain itu, sejumlah fasilitas sekolah juga perlu diperhatikan untuk mendukung berjalannya proses ujian.

"Mari kita beri semangat serta motivasi kepada anak - anak kita ini. Sehingga mereka semangat dan lebih siap," ucap Sekda.

“Selamat ujian kepada anak - anak sekalian, percaya dengan kemampuan diri sendiri, tetap fokus dan jangan mencontek, kalian pasti bisa,” katanya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved