Festival Pencak Silat

Ratusan Pendekar Berlomba Jadi yang Terbaik Dalam Festival Pencak Silat

Para pendekar dari puluhan perguruan dan sanggar silat menunjukkan aksi terbaiknya secara bergantian sejak pagi hingga sore, demi menjadi pemenang.

Ratusan Pendekar Berlomba Jadi yang Terbaik Dalam Festival Pencak Silat
Wartakotalive.com/Feryanto Hadi
Para pendekar dari puluhan perguruan dan sanggar silat saat menunjukkan aksi terbaiknya secara bergantian di panggung. 

SUKU Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Sudin Parbud) Jakarta Selatan menggelar Festival Pencak Silat Tingkat Kota Tahun 2019 di RPTRA Bhineka, Jalan Swadarma Raya No 72 RT 006/04 Kelurahan Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4).

Para pendekar dari puluhan perguruan dan sanggar silat menunjukkan aksi terbaiknya secara bergantian sejak pagi hingga sore, demi menjadi pemenang.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali yang membuka kegiatan itu menuturkan, pihaknya sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas terlenggaranya festival tersebut.

Menurutnya, dengan adanya Festival ini, akan dapat mempertahankan dan melestarikan budaya pencak silat di DKI Jakarta.

"Silat ini untuk ajang silaturahmi, jadi silat itu silaturahmi, mudah-mudah terjalin hubungan antara masyarakat se-Jakarta Selatan untuk saling meningkatkan kapasitasnya dan tukar menukar jurusnya," terangnya.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron mengungkapkan, pada Festival Pencak Silat ini diikuti sebanyak 34 Sanggar se-Jakarta Selatan

Adapun dari segi penilaian, para juri fokus terhadap gerak seni, termasuk keindahan jurus-jurus dari setiap pendekar.

"Peserta dibatasi selama 7 menit dan pemenang akan diberikan piala dan piagam penghargaan, serta uang pembinaan sebesar Rp 12 juta untuk juara satu, Rp 10 juta juara dua, Rp 8,5 juta juara tiga, lalu harapan satu Rp 7 juta dan harapan dua Rp 6 juta,” tutupnya.

Sementara itu salah satu pelatih peserta Faisal dari Tapak Suci Subhannallah (TSS), mengatakan, sebelum mengikuti Festival, pihaknya sudah berlatih selama satu bulan.

“Yang maju dari kita ada 20 orang, mereka sebelumnya sudah diseleksi. Kami sangat optimistis menang,” tutupnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved