Bawaslu DKI Rekomendasikan 19 TPS Berpotensi Dilakukan Pemungutan Ulang

Ketua Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta, Puadi mengatakan ada 19 TPS di DKI yang berpotensi pemungutan ulang.

Bawaslu DKI Rekomendasikan 19 TPS Berpotensi Dilakukan Pemungutan Ulang
Wartakotalive/Mohamad Yusuf
Fritz Edward Siregar, Komisioner Bawaslu, saat konferensi pers di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019) 

Ketua Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta, Puadi mengatakan ada 19 TPS di Jakarta yang berpotensi direkomendasikan pemungutan ulang.

Ia menyebut laporan yang ditemukan hampir seluruh di wilayah yang ada di DKI Jakarta.

Namun tidak untuk wilayah Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu.

"Banyak temuan di 4 Kabupaten kota, dan yang berpotensi ada 19 yang masuk pemungutan suara ulang dibeberapa kota yang masuk dugaan pelanggaran pemilu," kata Puadi, Minggu (21/4/2019).

Menurutnya potensi yang paling banyak itu di Jakarta Utara dimana ada 10 TPS yang berpotensi ulang, sedangkan di Jakarta Pusat ada dua TPS, dan Jakarta Selatan ada satu serta Jakarta Timur.

Dari 19 TPS itu apabila memenuhi syarat pemungutan suara ulang, maka Bawaslu Kota akan melakukan rekomendasi kepada KPU untuk melakukan pemungutan suara ulang.

"Ini kan baru potensi, nah potensi ini persyarakat pemungutan suara ulang itu bahwa pertama pengawas TPS harus melakukan pemeriksaan, dan penelitian dan ada 4 syarat petugas TPS melakukan penelitian terkait pemungutan suara ulang," katanya.

Dijelaskan Puadi, syarat yang dimaksud diantara pembukaan kotak suara dan penghitungan surat suara itu tidak dilakukan sesuai tata cara yang ditetapkan dalam ketentuan perundang-undangan.

Selanjutnya KPPS meminta pemilih memberikan tanda khusus atau menandatangani atau menulis nama atau alamat pada surat suara yang digunakan, kemudian petugas KPPS merusak lebih dari 1 surat suara yang digunakan oleh pemilu, sehingga surat suara tidak sah.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jakarta Utara, Dimyati menuturkan jumlah TPS yang akan melakukan pencoblosan ulang tidak akan mencapai 10 TPS.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved