Katedral Notre Dame Terbakar

UPDATE Kebakaran Katedral Notre Dame, Menara Runtuh Tapi Salib Utama di Altar Tetap Utuh

Salib utama di altar Katedral Notre Dame tetap utuh meski bangunan katedral itu rusak parah dilanda kebakaran hebat, Senin (14/4/2019) malam.

UPDATE Kebakaran Katedral Notre Dame, Menara Runtuh Tapi Salib Utama di Altar Tetap Utuh
CNN
Salib utama di altar Katedral Notre Dame tetap utuh meski bangunan katedral dilanda kebakaran hebat, Senin (14/4/2019) malam.

Salib utama di altar Katedral Notre Dame tetap utuh meski  menara runtuh dan bangunan katedral itu rusak parah dilanda kebakaran hebat, Senin (14/4/2019) malam.

Dalam video yang dirilis CNN, Selasa (15/4/2019) pukul 03.09 waktu setempat atau sekitar pukul 09.00 WIB, terlihat bagian dalam katedral yang hangus dan berantakan.

Menara katedral setinggi 93 meter yang sosoknya sangat ikonik runtuh dalam kebakaran itu.

Namun salib utama yang menempel di dinding di belakang altar terlihat utuh dan menyala kekuningan.

Video menunjukkan bagian dalam bangunan yang banyak berbahan kayu habis terbakar. 

UPDATE Kebakaran Katedral Notre Dame, Petugas Pemadam Kebakaran Paris Berhasil Selamatkan Bangunan

Di dalam bangunan katedral juga tersimpan orgel besar yang merupakan salah satu alat musik terbesar di dunia dan relikui mahkota duri yang dipercaya sebagai mahkota yang dikenakan Yesus pada kisah sengsara sebelum penyaliban. 

Salib yang merupakan simbol pengikut Kristus di dalam Katedral Notre Dame terlihat tetap utuh meski sekeliling altar berantakan dan banyak furnitur kayu yang hangus.

Kebakaran melanda bangunan Gereja Katedral Notre Dame, Paris, Senin (15/4/2019). Gereja Notre Dam merupakan bangunan kuno yang dibangun pada 1163 pada masa pemerintahan Lois VII. Katedral direnovasi besar-besaran pada tahun 1845. Katedral ini termasuk salah satu gereja roman katolik yang terkenal di seluruh dunia. .
Kebakaran melanda bangunan Gereja Katedral Notre Dame, Paris, Senin (15/4/2019). Gereja Notre Dam merupakan bangunan kuno yang dibangun pada 1163 pada masa pemerintahan Lois VII. Katedral direnovasi besar-besaran pada tahun 1845. Katedral ini termasuk salah satu gereja roman katolik yang terkenal di seluruh dunia. . (ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier/pras)

Sementara itu Presiden Perancis Emmanuel Macron mengapresiasi kinerja petugas pemadam kebakaran Paris yang berjuang beberapa jam untuk memadamkan api yang membakar Katedral Notre Dame, Senin (16/4/2019) malam sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

"Kerusakan yang lebih parah dapat dihindari berkat kerja keras para petugas pemadam kebakaran di lapangan," tutur Macron.

Macron memastikan akan membangun kembali katedral tersebut.

Halaman
1234
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved