Pemilu 2019

Kapolda Metro Jaya Sebut Tak Ada TPS Rawan Konflik di Jabodetabek

Polda Metro Jaya memastikan dalam pemetaan pihaknya tidak ada TPS yang dinilai masuk dalam tingkat kerawanan tinggi di wilayah hukum Polda Metro Jaya

Kapolda Metro Jaya Sebut Tak Ada TPS Rawan Konflik di Jabodetabek
warta kota
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy. 

SEMANGGI, WARTAKOTALIVE.COM -- Sampai H-1 menjelang hari pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019, Polda Metro Jaya memastikan dalam pemetaan pihaknya tidak ada TPS yang dinilai masuk dalam tingkat kerawanan tinggi di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Meski begitu jajaran Polri dan TNI tetap waspada melakukan langkah deteksi dini untuk mengantisipasi kemungkinan itu.

"Sampai hari ini dari internal Polda Metro Jaya dan hasil korodinasi dengan Pangdam Jaya, belum ada hal-hal atau potensi kerawanan di TPS dan lainnya yang dapat mengganggu situasi keamanan saat pelaksanaan Pemilu 2019 besok. Tapi kita terus melakukan langkah-langkah deteksi dini untuk mengatahui potensi kerawanan yang bisa berkembang. Kita sudah menyiapkan langkah antisipasi untuk itu, sejak jauh hari," kata Kapold Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, Selasa (16/4/2019).

Menurutnya kegiatan antisipasi sudah dilakukan sejak sebulan lalu bersama jajaran Kodam Jaya.

"Baik berupa kegiatan secara rutin serta bentuk antisipasi lainnya. Sudah dilakukan sejak sebulan lalu yaitu patroli rutin dan patroli gabungan. Baik di tingkat Polda dan Kodam, Polres dengan Kodim, serta Polsek dan Koramil. Bahkan kita dibantu juga dari Satpol PP melaksanakan kegiatan ini," kata Gatot.

Sasaran patroli katanya sudah jelas yaitu tempat yang memiliki potensi kerawanan, objek vital serta pusat keramaian.

Hal ini katanya ditujukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. "Agar masyarakat datang ke TPS menggunakan hak pilihnya secara bebas tanpa ada perasaan khawatir atau terintimidasi. Ini tujuan kita melakukan kegiatan-kegiatan ini," katanya.

Kegiatan ini kata Gatot akan terus dilakukan pihaknya sampai pada hari pencoblosan hingga pasca pencoblosan yakni penghitungan suara baik ditingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga tingkat Kota atau provinsi.

"Di samping tentunya petugas kita yang sudah ada di floating di TPS mau pun yg mendekati TPS seperti di Polsek, Polres dan Polda, maupun petugas yang patroli. Semua kita lakukan maksimal bersama TNI," katanya.

Sebelumnya Gatot juga menjelaskan bahwa menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang, kondisi keamanan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dinyatakan tetap aman dan terkendali atau kondusif.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved