Transjakarta Segera Uji Coba Penggunaan Bus Listrik di Jakarta

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bulan Mei 2019 bakal melakukan uji coba bus bertenaga listrik di Ibu Kota demi mengurangi polusi udara.

Transjakarta Segera Uji Coba Penggunaan Bus Listrik di Jakarta
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph. 

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bulan Mei 2019 bakal melakukan uji coba bus bertenaga listrik di Ibu Kota demi mengurangi polusi udara.

Uji coba dilaksanakan kurang lebih enam bulan dan diikuti oleh 10 model bus listrik dari berbagai negara.

Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta, Daud Joseph mengatakan saat ini sudah ada empat bus listrik yang tiba di Jakarta.

Namun Daud belum mau memaparkan keempat bus tersebut berasal dari mana saja.

"Sekarang tersedia yang sudah ada di negara ini itu ada empat ya," ujar Daud di Balai Kota, Senin (15/4/2019).

Transjakarta Gandeng MAD akan Segera Uji Coba Bus Listrik di Jakarta

Ia menjelaskan saat ini para kontestan penyedia bus listrik masih dalam tahap melengkapi persyaratan sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia.

"Sekarang tahapnya adalah para pabrik masih melengkapi persyaratan yang diterapkan oleh negara kita, karena setiap negara pasti punya ketentuan yang berbeda. Jadi para pabrikan ini wajib memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku," kata Daud.

Kriteria atau persyaratan yang dimaksud adalah dimensi kendaraan, tinggi kendaraan serta driving sistem.

"Kita mau lihat bagaimana dengan driving sistem, karena biasanya kan kendaraan yang ada di luar negeri itu stirnya dikiri. Apalagi standar kendaraan yang ada disana berbeda dengan kita. Tentunya harus disesuaikan dengan ketentuan perundangan Indonesia," ungkap Daud.

Bus listrik yang diadakan tiga perusahaan, yakni BYD, MAB, dan RAC-Danfoss, serta Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jakarta International Expo Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (21/3/2019) yang akan menjadi armada Transjakarta Mei 2019.
Bus listrik yang diadakan tiga perusahaan, yakni BYD, MAB, dan RAC-Danfoss, serta Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jakarta International Expo Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (21/3/2019) yang akan menjadi armada Transjakarta Mei 2019. (Warta Kota/Dwi Rizki)

Sementara Daud belum bisa memastikan rute mana saja yang bakal dilewati 10 bus listrik itu.

"Rute belum ya, yang pasti ditempat yang ramai. Tapi konsentrasinya biasanya ada di sekitar perkantoran, Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said dan Jalan Sudirman - Thamrin," katanya.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved