Pemilu 2019

Ada 41 Tahanan Polres dan Polsek Tangsel Bakal Nyoblos di Pemilu 2019

Setidaknya 41 warga penghuni tahanan yang berada di Polsek dan Polres Tangerang Selatan dapat ikut mencoblos di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Ada 41 Tahanan Polres dan Polsek Tangsel Bakal Nyoblos di Pemilu 2019
Kompas.com/Shutterstock
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Zaki Ari Setiawan

TANGERANG, WARTAKOTALIVE.COM - Setidaknya 41 warga penghuni tahanan yang berada di Polsek dan Polres Tangerang Selatan dapat ikut mencoblos di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi, para tahanan tersebut sebelumnya telah lebih dulu mengurus surat A5 untuk mendapatkan hak pilihnya dari balik penjara.

"Setelah mengisi A5, ada 41 tahanan di Polsek dan Polres yang masuk DPTB (Daftar Pemilih Tambahan)," terang Ketua KPU Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro, Senin (15/4/2019).

Kepala Satuan Tahanan Titipan Polres Tangerang Selatan, Iptu Gatot Santoso menerangkan, terdapat sekitar 132 tahanan yang saat ini berada di masing-masing Polsek dan Polres.

"41 itu terdiri dari 16 tahanan Polsek dan 25 tahanan Polres," ujar Gatot.

Sedangkanya tahanan lainnya yang berada di Polsek dan Polres Tangerang Selatan dianggap tidak dapat memenuhi syarat pengurusan A5 yakni memiliki KTP Elektronik.

Untuk mekanisme pencoblosan di tanggal 17 April nanti, Gatot menerangkan, TPS (Tempat Pemungutan Suara) terdekat dari Polsek dan Polres akan mendatangi para tahanan itu.

"Jadi sifatnya jemput bola, petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) datang ke Polsek atau Polres Tangsel," terangnya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved