Breaking News:

Uji Coba DDT

Jalur Dwi Ganda Direncanakan dari Manggarai hingga Bekasi

Kepala Teknik Balai Perkeretaapian wilayah Jakarta dan Banten, Jumadi menyampaikan DDT Manggarai-Bekasi ditargetkan rampung 2021 mendatang.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Andy Pribadi
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Kepala Teknik Balai Perkeretaapian wilayah Jakarta dan Banten, Jumadi saat memantau ujicoba DDT di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/4). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

JATINEGARA, WARTAKOTALIVE.COM -- Jalur dwi ganda atau double-double track (DDT) yang memisahkan perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) dan kereta rel listrik (KRL) direncanakan akan dibangun dari Stasiun Manggarai hingga Bekasi.

Kepala Teknik Balai Perkeretaapian wilayah Jakarta dan Banten Jumadi menyampaikan DDT Manggarai-Bekasi ditargetkan rampung 2021 mendatang.

"Jadi begini, DDT ini kalau boleh saya mengatakan ini sebetulnya masih dalam tahap pertama (segmen Jatinegara-Cakung). Jadi targetnya itu Manggarai-Bekasi. Tapi kalau kita tunggu Manggarai-Bekasi itu 2021. Padahal sudah ada bagian yang bisa dimanfaatkan," ungkap Jumadi saat memantau uji coba pengoperasian DDT di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/4).

Segmen selanjutnya yang akan dikerjakan setelah Jatinegara-Cakung, yakni DDT segmen Cakung-Bekasi, kemudian segmen Jatinegara-Manggarai. Pihaknya juga akan melakukan modernisasi stasiun-stasiun hingga tahun 2021.

"Karena kami sedang kontrak pembangunannya sampai Bekasi. Kita harapkan karena ini multi-years sampai 2021. Karena bukan hanya DDT-nya, tapi kami juga akan modernisasi Stasiun Bekasi, seperti halnya Jatinegara ini. Belum mulai karena sedang tender. Stasiun Jatinegara dan Manggarai sama selesainya tahun 2021," katanya.

Guna menangani kepadatan di Stasiun Jatinegara dan Manggarai, telah dibangun proyek Stasiun Matraman yang direncanakan rampung tahun ini.

"Kalau Stasiun Matraman sebetulnya targetnya selesai akhir tahun ini. Kalau bisa lebih cepat lebih bagus. Karena itu bisa memecah kepadatan penumpang di Manggarai maupun Jatinegara. Jadi orang-orang yang berkantor di sekitar otista tidak perlu sampai Manggarai kan, turun di situ (Matraman)," jelas Jumadi.

DDT Cikarang Masih Wacana

Selain melakukan pembangunan DDT dari Manggarai-Bekasi, PT KAI juga berencana akan membangun DDT Bekasi-Cikarang.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved