Jurnalis Arab Saudi Hilang

Putra Jamal Khashoggi Bantah Terima Kompensasi 'Uang Darah' Kematian Sang Ayah

DISEBUT-sebut telah menerima tawaran kompensasi dari Arab Saudi, keluarga mendiang jurnalis Jamal Khashoggi akhirnya buka suara.

Putra Jamal Khashoggi Bantah Terima Kompensasi 'Uang Darah' Kematian Sang Ayah
CNN via dailymail.co.uk
JAMAL Khashoggi dan putranya, Salah Khashoggi 

Kompensasi ini merupakan bagian dari negosiasi 'uang darah' yang diharapkan bisa dipenuhi saat pengadilan terhadap tersangka pembunuh Jamal Khashoggi selesai beberapa bulan mendatang.

DISEBUT-sebut telah menerima tawaran kompensasi dari Arab Saudi, keluarga mendiang jurnalis Jamal Khashoggi akhirnya buka suara.

Berawal dari laporan Washington Post pada 1 April bahwa anak-anak Khashoggi telah menerima kompensasi kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, ayah mereka.

Dalam kicauan di Twitter dikutip AFP Rabu (10/4/2019), Salah Khashoggi putra Jamal Khashoggi membantah jika dia dan anggota keluarganya telah bersepakat terkait kompensasi.

"Saat ini, persidangan tengah berlangsung. Diskusi tentang kompensasi tidak pernah terjadi," unggah Salah dalam bahasa Inggris.

Dikecam 36 Negara soal Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi, Arab Saudi Malah Balik Mengutuk 

Raja Salman Dikabarkan Bersitegang dengan Pangeran MBS, Sejak Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi

Jenazah Jurnalis Jamal Khashoggi Diduga Dibakar di dalam Oven Pesenan Khusus di Rumah Konjen Saudi

PUTRA Jamal Khashoggi, Salah Khashoggi, ketika bersalaman dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS).
PUTRA Jamal Khashoggi, Salah Khashoggi, ketika bersalaman dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS). (CNBC.com)

Dalam laporan The Post sebelumnya, dua putra dan putri Khashoggi kemungkinan juga akan menerima kompensasi besar. Jumlahnya hingga puluhan juta dollar AS per orang.

Kompensasi ini merupakan bagian dari negosiasi 'uang darah' yang diharapkan bisa dipenuhi saat pengadilan terhadap tersangka pembunuh Khashoggi selesai beberapa bulan mendatang.

Pemberian rumah mewah dan uang bulanan lebih dari 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 142 juta sebulan untuk tiap anak Khashoggi disetujui Raja Salman akhir tahun lalu.

Sebagai bagian dari kompensasi, setiap anak jurnalis berusia 59 tahun tersebut dilaporkan bakal menerima rumah senilai 4 juta dollar AS, atau Rp 57 miliar, di Jeddah.

Salah yang merupakan putra sulung bakal menempati bangunan utama. Dia merupakan satu-satunya anak Khashoggi yang memilih tetap tinggal di Saudi.

PUTRA Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dan Jurnalis Jamal Khashoggi
PUTRA Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dan Jurnalis Jamal Khashoggi (heisenbergreport.com)

Dimutilasi

Jamal Khashoggi kolumnis Washington Post dan juga pengkritik pemerintah Saudi, dilaporkan dibunuh pada 2 Oktober 2018 di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Dia diduga dibunuh dan kemudian jenazahnya dimutilasi oleh tim beranggotakan 15 orang yang sengaja dikirim dari Saudi.

Hingga kini, keberadaan jenazahnya belum diketahui. Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) diduga sebagai sosok yang memerintahkan pembunuhan itu.

Namun Riyadh bersikukuh MBS tak melakukannya. Saudi awalnya juga bersikeras Khashoggi telah meninggalkan konsulat sebelum mengakui sang jurnalis tewas dalam operasi liar tersebut. (Ardi Priyatno Utomo)

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved