Pemilu 2019

Kejari Tangsel Siap Berikan Bantuan Hukum KPU Tangsel

Kejari Tangerang Selatan telah menandatangani kerjasama penanganan hukum bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan dalam Pemilu 2019.

Penulis: Zaki Ari Setiawan | Editor: Andy Pribadi
Wartakotalive.com/Zaki Ari Setiawan
Kepala Kejari Tangsel, Bima Suprayoga. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Zaki Ari Setiawan

TANGERANG, WARTAKOTALIVE.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang Selatan telah menandatangani kerjasama penanganan hukum bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan dalam Pemilu 2019.

Perjanjian tersebut ditandatangi langsung oleh Kepala Kejari Tangsel Bima Suprayoga dan Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro pada tanggal 8 April 2019 lalu.

"Kesepakatan ini tentang penanganan masalah hukum di bidang tata usaha negara (TUN) pada Pemilihan Umum 2019," ucapnya.

Dijelaskan Bima, kesepakatan kerjasama ini adalah implementasi dari kewenangan kejaksaan, di antara lain yaitu kewenangan kejaksaan sebagai jaksa pengacara negara di bidang perdata dan TUN.

"Kami mendampingi KPU Tangerang Selatan sehingga produk yang dikeluarkan memiliki legitimasi hukum yang sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku," jelasnya.

Lebih lanjut kata Bima, jika ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pemilu 2019 di Tangerang Selatan maka itu akan ditangani oleh KPU Pusat.

Kendati demikian, Kejari Tangerang Selatan juga memiliki kemungkinan untuk ikut membantu persidangan di MK.

"Tidak terlepas kemungkinan jaksa pengacara negara Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan akan diminta untuk mendukung KPU Tangerang Selatan andai diminta KPU Pusat bersama-sama bersidang di Mahkamah Konstitusi," tutur Bima.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved