Pemilu

Meski Cuma 1 Periode, Anggota DPR Dapat Pensiun Seumur Hidup. Pantesan Berebut, Ini Besarannya

Selain gaji dan tunjangan yang besar, anggota DPR pun diberikan uang pensiun seumur hidup oleh negara meski hanya menjabat 5 tahun

Meski Cuma 1 Periode, Anggota DPR Dapat Pensiun Seumur Hidup. Pantesan Berebut, Ini Besarannya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana Sidang Paripurna 

Banyak orang berlomba-lomba menjadi anggota DPR RI meski tahu persis butuh modal yang tak sedikit untuk bisa duduk di Senayan.

Pada Pemilu Legislatif 2019 misalnya, terdapat 7.968 orang yang menjadi calon legislatif DPR RI. Sementara kursi di DPR hanya tersedia 575 kursi saja.

Meski begitu, tempat duduk anggota DPR memang "empuk". Bagaimana tidak, gaji, tunjangan hingga fasilitas yang diberikan negara bukanlah recehan.

Hasil Survei Y-Publica Caleg DPR-RI Jabar 7, Muannas Caleg PSI Kalahkan Caleg PAN dan PPP

Pedagang Cakwe Maju Jadi Caleg DPRD Bekasi dari Gerindra, Faktanya Bukan Pedagang Biasa

Kisruh Gaji BPIP Makin Seru, Mahfud MD Sebut Gaji DPR Rp 150 Juta Digugat Politisi PAN

Selain gaji dan tunjangan yang besar, anggota DPR pun diberikan uang pensiun seumur hidup oleh negara meski hanya menjabat 5 tahun atau satu periode.

Ketentuan ini diatur dalam Undang-undang 12 Tahun 1980 tentang Hak Keuangan/Administratif Pimpinan dan Anggota Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara Serta Bekas Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Bekas Anggota Lembaga Tinggi Negara.

Lantas berapakah uang pensiun anggota DPR? Berdasarkan Surat Menteri Keuangan No S-520/MK.02/2016 dan Surat Edaran Setjen DPR RI No KU.00/9414/DPR RI/XII/2010, uang pensiun anggota DPR yakni 60 persen dari gaji pokok setiap bulan.

Rinciannya, Rp 3,02 juta untuk anggota DPR yang merangkap ketua. Angka ini 60 persen dari gaji pokok sebesar Rp 5,04 juta per bulan.

Sementara itu bagi anggota DPR yang merangkap wakil ketua uang pensiun yang diterima sebesar Rp 2,77 juta, 60 persen dari gaji pokok sebesar Rp 4,62 juta per bulan.

Sejumlah petugas gabungan Pol PP Kecamatan Sukma Jaya dan Panwaslu kota Depok, Jawa Barat melakukan penertiban alat peraga dan poster Caleg DPR RI dan DPRD kota Depok di Jalan M. Jusuf, Rabu (23/1). Penertiban itu dilakukan karena poster-poster ini dipasang di tempat yang melanggaran aturan.
Sejumlah petugas gabungan Pol PP Kecamatan Sukma Jaya dan Panwaslu kota Depok, Jawa Barat melakukan penertiban alat peraga dan poster Caleg DPR RI dan DPRD kota Depok di Jalan M. Jusuf, Rabu (23/1). Penertiban itu dilakukan karena poster-poster ini dipasang di tempat yang melanggaran aturan. (Warta Kota/Adhy Kelana)

Adapun untuk anggota yang tidak merangkap jabatan, uang pensiun yang diterima sebesar Rp 2,52 juta, 60 perse dari gaji pokok sebesar Rp 4,20 juta per bulan.

Uang pensiun akan dihentikan bila penerima meninggal dunia atau menjadi anggota lembaga tinggi lainnya.

Halaman
12
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved