Pilpres 2019

Lembaga Survei Ini Menangkan Prabowo-Sandi, Pada 2014 Silam Mereka Juga Lakukan Hal yang Sama

PUSAT Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan wakil presiden 2019.

Lembaga Survei Ini Menangkan Prabowo-Sandi, Pada 2014 Silam Mereka Juga Lakukan Hal yang Sama
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo bersama Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, saat mengikuti debat keempat calon presiden pada pemilu 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019). Debat keempat kali ini mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan Keamanan, dan Hubungan Internasional. 

PUSAT Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan wakil presiden 2019.

Hasil survei Puskaptis menyebutkan, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul 47,59 persen atas Jokowi- Maruf Amin yang mendapat 45,37 persen.

Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yasid mengatakan, elektabilitas Prabowo-Sandi yang unggul dari Jokowi-Maruf Amin, diungkap publik dengan berbagai alasan, di antaranya menginginkan perubahan dan presiden baru.

Prabowo: Saya Muak dengan Keadaan, Ini Bukan Republik yang Saya Bela!

"Sosok keduanya dipandang mampu memperbaiki kondisi ekonomi saat ini serta memiliki karakter tegas dan berwibawa," katanya, di hotel kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019).

Meski demikian, lanjutnya, survei yang sama menunjukkan 50 persen masyarakat puas terhadap citra kepemimpinan Jokowi.

Perbedaan tingkat elektabilitas yang ketat ini, tuturnya, dapat disimpulkan kedua pasangan punya peluang yang sama dalam memenangkan pertarungan.

Prabowo Sebut Ibu Pertiwi Sedang Diperkosa, Jokowi: Yang Benar Ibu Pertiwi Sedang Berprestasi

"Namun dengan dengan keunggulan 2,14 persen, Prabowo-Sandiaga berpeluang besar menangkan pertarungan di 17 April 2019," ucap Husin.

Survei dilakukan pada 26 Maret-2 April 2019, yang diklaim dilakukan secara proporsional di 34 provinsi.

Jumlah responden sebanyak 2.100 orang, berusia 17 tahun atau di atasnya dan telah menikah, serta tersebar di pedesaan maupun di perkotaan.

Kepada Prabowo, Rizal Ramli Bilang Bisa Turunkan Harga Listrik Dalam Waktu 100 Hari

Survei dilakukan dengan Metode Multistage Random Sampling dan margin error kurang lebih 2,4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved