Jokowi Pendaki Pertama dari Mapala Fakultas Kehutanan UGM yang Sampai ke Puncak Gunung Kerinci

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) ternyata menyimpan kenangan tak terlupakan bersama 13 rekannya, saat masih menjadi anggota Mapala Silvagama.

Jokowi Pendaki Pertama dari Mapala Fakultas Kehutanan UGM yang Sampai ke Puncak Gunung Kerinci
TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI
Rekan-rekan Jokowi saat mendaki Gunung Kerinci, menghadiri peluncuran buku berjudul 'Jokowi Travelling Story: Kerinci 1983' yang digelar di Pulau Dua Resto, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019) malam. 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) ternyata menyimpan kenangan tak terlupakan bersama 13 rekannya, saat masih menjadi anggota Mapala Silvagama.

Ketika masih kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), ia memang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta alam itu.

Hobinya mendaki gunung pun akhirnya diceritakan dalam sebuah buku berjudul 'Jokowi Travelling Story: Kerinci 1983', yang diluncurkan di Pulau Dua Resto, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019) malam.

Dokter Muda di Papua Meninggal Dunia karena Ijazah Ditahan, Jokowi Diminta Cabut Aturan Ini

Pendakian Gunung Kerinci memang menjadi salah satu kisah menariknya, karena pada tahun 1983 itulah, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berhasil menginjakkan kaki untuk kali pertama di gunung yang separuhnya terletak di provinsi Sumatera Barat itu.

Dalam peluncuran buku tersebut, rekan-rekan seperjuangan Jokowi dalam ekspedisi itu menyampaikan kesaksian dan pengalaman mereka saat mendaki gunung tertinggi di Sumatera itu bersama-sama.

Bambang Supriyambodo, rekan Jokowi mengatakan, pada masa itu, mahasiswa masih terlihat 'kampungan', termasuk dirinya, rekan lainnya, dan Jokowi.

Aturan Ini Bikin Ribuan Dokter Muda di Indonesia Menganggur dan Gigit Jari

"Dulu mahasiswa tahun 80-an itu (perilakunya) ndeso banget," kata Bambang, dalam diskusi tersebut.

Hal itu karena saat ditawarkan untuk pergi menuju Padang menggunakan pesawat Hercules, ia dan rekan-rekannya termasuk Jokowi, langsung 'sepakat ikut'.

"(Ndesonya) begitu dengar ada ekspedisi Kerinci, iming-imingnya naik Hercules (langsung mau ikut)," jelas Bambang.

Buku berjudul 'Jokowi Travelling Story: Kerinci 1983' yang diluncurkan di Pulau Dua Resto, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019) malam.
Buku berjudul 'Jokowi Travelling Story: Kerinci 1983' yang diluncurkan di Pulau Dua Resto, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019) malam. (TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI)

Namun alih-alih menumpang Hercules, tidak ada satu pun dari mereka yang berhasil naik ke pesawat itu, termasuk Jokowi yang akrab disapa Jack atau Jek oleh rekan-rekannya.

Halaman
123
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved