Banjir dan Longsor Melanda di 6 Lokasi di Depok Saat Hujan Deras

Ada juga longsor di Perumahan PGRI dan amblasnya jembatan Setu Gugur penghubung Bedahan dan Pasir putih

Banjir dan Longsor Melanda di 6 Lokasi di Depok Saat Hujan Deras
Warta Kota
Salah satu jembatan amblas di sekitar Setu Gugur, Kecamatan Sawangan, Minggu (7/4/2019). 

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Depok sejak sore hingga malam hari menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah titik, Minggu (7/4/2019).

Banjir cukup parah antara lain terjadi di wilayah RW 04 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo. Sedangkan longsor terjadi di Perumahan PGRI, Kecamatan Cilodong. Tak hanya itu, sebuah jembatan juga amblas di sekitar Setu Gugur, Kecamatan Sawangan.

Berdasarkan laporan dari Tim Tanggap Bencana (Tagana) Kota Depok, banjir terjadi di beberapa titik lainnya. Seperti, di RT 02/06 Kelurahan Cilodong, RT 01/05 Kelurahan Grogol tepatnya di Perumahan Villa Santika, di RT 03/04 Meruyung, dan di Kecamatan Bojongsari akibat meluapnya Kali Ciputat.

"Ada juga longsor di Perumahan PGRI dan amblasnya jembatan Setu Gugur penghubung Bedahan dan Pasir putih," ujar petugas Bidang Data dan Informasi Tagana Kota Depok, Bambang Tabah, kepada Wartakotalive.com. kemarin.

Dia menuturkan, setelah mendapat informasi lokasi bencana, personel Tagana langsung berangkat ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan.

Di lokasi longsor Kecamatan Cilodong, misalnya, petugas menutup puing-puing longsor dengan terpal guna mengantisipasi adanya longsor susulan.

Sementara itu, Lurah Meruyung, Raden Galih Purnaman, menuturkan, selama ini wilayah RT 03/04 Kelurahan Meruyung memang langganan banjir.

Namun kejadian kali ini cukup parah karena dibarengi dengan jebolnya tanggul Kali Prumpung.

"Karena sejak sore hujan besar, ketinggian air sempat mencapai satu meter. Tapi saat malam hari air sudah menyusut. Saya sudah melaporkan kejadian ini kepada dinas terkait," kata Galih.

Kepala Bidang Sumber daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty, mengakui maraknya kejadian bencana banjir dan longsor saat hujan deras mengguyur wilayah Kota Depok. Minggu malam, dia mendapat laporan ada lebih dari enam titik lokasi bencana.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved