Pemilu 2019

Kampanye Akbar Prabowo Sandi Banyak Anak-anak, KPAI Bilang Begini

"Sangat kita sayangkan panita penyelenggara tidak bisa mencegah warga negara yang tidak memiliki hak pilih ikut dalam kampanye,"

Kampanye Akbar Prabowo Sandi Banyak Anak-anak, KPAI Bilang Begini
Anggie Lianda Putri
Anak-anak terlihat di kampanye pasangan capres-cawapres 02 Prabowo dan Sandiaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2019). 

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra menyesalkan adanya keterlibatan anak dibawah umur pada Kampanye Akbar Prabowo-Sandi yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Jasra menilai panitia telah melanggar Undang - undang perlindungan anak karena tak bisa mencegah orang tua agar tidak membawa anaknya saat menghadiri kampanye tersebut.

"Sangat kita sayangkan panita penyelenggara tidak bisa mencegah warga negara yang tidak memiliki hak pilih ikut dalam kampanye," ujar Jasra saat dihubungi, Minggu (7/4/2019).

Padahal hal tersebut sudah jelas tidak diperbolehkan dan sudah diatur di Pasal 15 serta Pasal 76 H Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak secara eksplisit melarang pelibatan anak dalam aktivitas politik.

VIDEO: Kampanye Akbar Prabowo Sandi, Lautan Manusia Penuhi GBK Diklaim Sampai Jutaan Orang

Dalam pasal 15 UU Perlindungan Anak menyebutkan setiap anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari penyalahgunaan kegiatan politik.

Sementara Pasal 76 H menyebutkan setiap orang dilarang merekrut atau memperalat anak untuk kepentingan militer dan atau lainnya dan membiarkan anak tanpa perlindungan jiwa.

Video Viral Arogansi Staf Anak Buah Puan Maharani Masuk Area Car Free Day

"Iya itu sudah diatur dalam UU nomor 35 tahun 2014 pasal 15 menyebutkan setiap anak memiliki hak perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan Politik," kata Jasra.

Ia berharap Bawaslu bisa melakukan tindakan tegas kepada mereka yang menganggap enteng undang - undang perlindungan anak.

Terlebih panitia kampanye seperti tutup mata pada orang tua yang membawa anak-anak mereka untuk menghadiri kegiatan politik menjelang Pemilu 2019 ini.

VIDEO: Keluhan Nelayan Penjaringan Sepinya Tangkapan Karena Proyek Reklamasi

"Terkait pelanggaran hak-hak anak dalam keterlibatan baik aktif maupun pasif tentu menjadi kewenangan Bawaslu untuk menindak lanjuti laporan ini," ungkap Jasra.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, banyak anak-anak dibawah umur ikut serta pada kampanye akbar yang digelar tadi pagi.

Dimana anak-anak itu dipakaian kaos kampanye berwarna putih bertuliskan Prabowo-Sandi. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved