Berita Video

VIDEO: Gambang Kromong Tampil di Trotoar Depan Walikota Jakarta Selatan

Acara bertajuk Festival Seni Sepanjang Jalan (FSJJ) digelar Pemkot Jakarta Selatan untuk menghadirkan nuansa baru

Beberapa pengendara memutuskan berhenti sejenak dan menyaksikan penampilan kelompok musik gambang kromong Silibet di area trotoar depan kantor Walikota Jakarta Selatan, Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan, Jumat (5/4/2019) petang.

Sekadar melepas lelah sambil menikmati alunan musik-musik betawi, begitu kata Imah (25) dan Irul (27), suami istri yang baru saja pulang dari tempat kerjanya di bilangan Blok M. Mereka menepi, menikmati musik sejenak dan tak lupa mengabadikan aksi para seniman itu.

"Bagus sekali acara seperti ini. Hiburan gratis, tampak sederhana tapi amat berguna. Ini jadi pemandangan baru di Jakarta," kata Imah.

VIDEO: Dokter Putri Sebut Kalau Pencernaan Sehat, Seluruh Tubuh Bisa Sehat

Acara bertajuk Festival Seni Sepanjang Jalan (FSJJ) digelar Pemkot Jakarta Selatan untuk menghadirkan nuansa baru serta sedikit meredam persepsi yang selama ini menyebut Jakarta sebagai kota yang keras. Kota tersibuk. Kota dimana masyarakatnya mengalami tingkat stres tinggi akibat rutinitas kerja dan kepadatan lalulintas.

"Ini kami melanjutkan apa yang sudah dicanangkan oleh Pak Anies yakni ingin mengembangkan seni budaya di ruang-ruang publik atau ruang ketiga Tujuannya, selain memberikan panggung kepada seniman, sekaligus untuk mendekatkan seni kepada masyarakat luas," kata Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali.

VIDEO: Datang ke Cirebon, Jokowi Bilang Mau Buat Bulog Khusus Rotan

"Jadi, kenapa kita lakukan di sore hari, sebab banyak orang yang pulang bekerja, mereka mungkin lelah. Dengan adanya pergelaran seperti ini harapannya mereka bisa mampir sejenak untuk menikmati penampilan para seniman ini," Marullah menambahkan.

Kepadatan jalanan pada jam pulang kerja diteduhi oleh alunan musik dan suara khas para penyanyinya. Sesekali waktu, para pendekar muda tampil memukau dengan jurus-jurus andalan, menambah suasana menjadi hangat. Pendekar kecil juga tak luput dari tepuk tangan saat memamerkan kepiawaiannya dalam memadukan jurus silat dengan senjata.

"Dengan diberikan panggung seperti ini, tumbuh kembang para seniman diharapkan akan semakin baik," kata Marullah.

VIDEO: Maudy Koesnaedi Siap Jika Tidak Laku Lagi Sebagai Aktris

Selain di tempat itu, pentas jalanan serupa juga akan digelar di lokasi strategis lain. Menurut Marullah, para seniman yang tampil sementara adalah kelompok seni budaya yang dibina oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSP) di Tebet. Namun, ke depan pihaknya membuka peluang bagi para seniman lain yang hendak tampil menghibur masyarakat.

"Bagi seniman yang ingin tampil atau mengembangkan bakatnya, bisa daftar langsung ke Sudinparbud Jakarta Selatan. Kami membuka peluang untuk berbagai jenis seni dan budaya. Kebetulan saja hari ini temanya adalah gambang kromong," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved