Berita Video

VIDEO: Datang ke Cirebon, Jokowi Bilang Mau Buat Bulog Khusus Rotan

"‎Memang ternyata problemnya yang sering ada di sini. Suplay bahan baku yang tidak terus menerus, kadang ada, kadang tidak," ucap Jokowi.

Di sela-sela kampanye terbukanya, calon presiden petahana Jokowi menyempatkan untuk mengunjungi Kampung Wisata Rotan Galmantro, Desa Tegalwangi-Weru-Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/4/2019).

Jokowi didampingi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir‎, Politikus Golkar Enggartiasto Lukita yang juga Menteri Perdagangan serta Ridwan Kamil.

Pantauan Tribunnews.com, Jokowi berkeliling santai di Kampung Wisata Rotan tersebut. Sesekali, mantan wali kota Solo ini menyapa warga yang mayoritas ibu-ibu serta anak-anak.

Selama berada di Kampung Wisata Rotan, Jokowi beberapa kali masuk ke rumah warga yang menjadi pengrajin rotan. Dia melihat langsung proses pengerjaan rotan menjadi keranjang, tas hingga kursi kecil.

VIDEO: Sopir Bajaj Dipaksa Push Up Gara-gara Parkir Sembarangan

Bahkan, Jokowi juga berbincang langsung dengan para pengrajin. Tanpa sungkan, seorang pengrajin mengadu pada Jokowi bahwa terhadang bahan baku rotan sulit didapat sehingga dia tidak bisa memproduksi kerajinan rotan.

"‎Memang ternyata problemnya yang sering ada di sini. Suplay bahan baku yang tidak terus menerus, kadang ada, kadang tidak," ucap Jokowi.

VIDEO: Ojol Caleg PKB Kampanye ke Rekan Sesama Driver

Jokowi mencontohkan terhadang ada bahan baku untuk kaki kursi, namun bahan untuk sandarannya tidak ada sehingga kursi rotan terhambat penyelesainnya.

Kedepan, Jokowi berjanji bakal membuat bulog rotan. Nantinya rotan-rotan akan dipasok dari Sulawesi dan Kalimantan. Sehingga memudahkan para pengrajin rotan khususnya di Indramayu.

VIDEO: Cerita Maudy Koesnaedi Sulitnya Perankan Biarawati di Film Ave Maryam

"Tidak ada rotan jadi menghambat perputaran keuangan di pengrajin. Sehingga tadi kami berpikiran membuat bulognya rotan‎. Kita beli stok dari petani rotan di Sulawesi dan Kalimantan. Nanti pengrajinnya tinggal beli dekat sini. Ini akan dimatangkan lagi," tambah Jokowi.(*)

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved