LRT Jakarta Belum Juga Beroperasi Meski Tarif LRT Sudah Ditetapkan

Tarif LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome ditetapkan flat yakni sebesar Rp 5.000 sesuai Pergub DKI Jakarta.

LRT Jakarta Belum Juga Beroperasi Meski Tarif LRT Sudah Ditetapkan
Warta Kota/Rangga Baskoro
Rangkaian gerbong LRT Jakarta di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (25/2/2019). 

Kebijakan penetapan tarif Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading - Velodrome telah ditetapkan tarif LRT flat sebesar Rp 5.000.

Sementara, pengoperasian moda transportasi massal sepanjang 5,8 kilometer tersebut tidak kunjung terlaksana.

Pantauan di salah satu stasiun LRT Jakarta yakni Stasiun Boulevard Utara, di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara tampak beberapa orang petugas keamanan sedang berjaga-jaga di sana.

Meski belum beroperasi, eskalator stasiun yang berada persis di depan Mal Kelapa Gading itu tampak menyala. Eskalator itu terlihat dipakai para pekerja proyek untuk naik turun dari jalan raya ke stasiun layang.

Seorang warga, Erwin (31) mengaku sudah tidak sabar untuk merasakan LRT Jakarta yang digadang-gadang akan mengurangi kemacetan di sekitar lokasi. Apalagi seksrang ini euforia moda transportasi massal sedang terjsdi di Jakarta.

“Kalau dibilang nggak sabar, ya nggak sabar yah. Warga Jakarta kan lagi penasaran pengen coba yang kayak begini, kemarin udah beroperasi MRT, nah sekarang giliran LRT nih kapan,” katanya, Kamis (4/4).

Sepengetahuan Erwin, LRT Jakarta sedianya dioperasikan untuk menyambut Asian Games 2018 kemarin. Namun nyatanya hingga sekarang, LRT Jakarta belum juga bisa dinikmati oleh warga ibu kota seperti layaknya MRT.

“Sampai sekarang udah tahun 2019, belum juga beroperasi (LRT Jakarta). Molor-molor mulu, nggak tahu deh mungkin ada yang kurang atau gimana. Padahal saya yakin warga sekitar sini udah pada pengen nyobain,” ucapnya.

Sementara warga lainnya, Clara (27) mengaku tidak tahu saat disinggung mengenai informasi penetapan tarif LRT Jakarta sebesar Rp 5 ribu. Sepengetahuannya LRT Jakarta belum beroperasi sehingga ia tidak terlalu memperhatikan tarif.

“Saya malah baru tahu kalau udah ditetapin tarifnya Rp 5.000 sekali jalan. Sebenarnya sih yang paling penting, warga bisa ngerasain LRT Jakarta dulu kayak MRT. Masa udah ditetapin tarif tapi belum beroperasi,” katanya.

Namun demikian Clara mendukung tarif Rp 5 ribu yang ditetapkan untuk sekali jalan. Jumlah tersebut dinilai masih terjangkau untuk semua kalangan meski jalur LRT Jakarta Kelapa Gading - Velodrome tidak terlalu panjang.

“Kalau ditanya harga, Rp 5.000 sekali jalan saya rasa sih udah pas lah. Tapi memang lintasan LRT nggak kayak MRT panjang, kalau bisa begitu pasti lebih bagus lagi dan banyak digunakan warga,” ucapnya.

Sekadar informasi, Tarif LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome ditetapkan flat yakni sebesar Rp 5.000 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Corporate Communication PT LRT Jakarta Melisa Suciati mengatakan pengoperasian LRT Jakarta menunggu pertimbangan dari Pemprov DKI Jakarta. Sejauh ini LRT Jakarta telah siap beroperasi dan laporannya telah diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta.

“Jakpro telah menyampaikan laporan kesiapan operasi kepada Pemprov DKI Jakarta yang kemudian menjadi pertimbangan Pemprov DKI Jakarta untuk menetapkan tanggal dimulainya operasi komersial LRT Jakarta,” kata Melisa dalam siaran pers, Selasa (2/4/2019).

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved