Berita Bekasi

Sempat Gagal, Pemkot Bekasi Kembali Uji Coba PLTSa di TPA Sumurbatu yang Ketiga

Pemerintah Kota Bekasi berencana melakukan uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Sumurbatu

Sempat Gagal, Pemkot Bekasi Kembali Uji Coba PLTSa di TPA Sumurbatu yang Ketiga
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi bersama PT NW Abadi saat melakukan uji coba tahap pertama PLTSa di TPA Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi pada Selasa (5/2/2019) lalu. 

Pemerintah Kota Bekasi berencana melakukan uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir - TPA Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi pada Kamis (4/4) pagi.

Sebanyak tujuh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Bagian Kerja sama Sekretariat Daerah Kota Bekasi diutus ke sana.

"Iya betul hari ini akan dilakukan pengujian PLTSa yang ketiga. Kami harap bisa terlaksana karena saat pengujian kedua sempat gagal karena mesin rusak," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi pada Kamis (4/4).

Luthfi mengatakan, pengujian PLTSa yang ketiga dilakukan berdasarkan surat perintah tugas yang dikeluarkan olehnya bernomor 800/170/DinasLH.PSL tertanggal 27 Maret 2019 lalu.

Pengujian ini, kata dia, merupakan tindak lanjut dari instruksi lisan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kepada organisasi perangkat daerah (OPD) nya untuk mengecek operasional PLTSa.

"Saya tugaskan untuk melakukan pemantauan, verifikasi, evaluasi dan pengujianterhadap uji coba instalasi PLTSa dalam pembuatan RDF (refuse derived fuel), hingga menghasilkan listrik dari tanggal 4 April sampai 6 April atau 2x24 jam," jelas Luthfi.

Lutfi mengaku belum bisa memastikan tindak lanjut berikutnya bila PT Nusa Wijaya (NW) Abadi sebagai pengelola tidak menjalankan mesinnya saat pengujian yang ketiga.

Segala fakta dan data di lapangan, kata dia, akan dikumpulkan dan diserahkan ke Wali Kota Bekasi.

"Kita hanya memberikan penilaian secara teknis terhadap operasional PLTSa, nanti Bapak Wali Kota Bekasi yang menentukan," imbuhnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved