Pemicu Banjir di Kampung Pulo Makasar karena Tanggul PHB Jebol

Tanggul yang memisahkan wilayah markas Angkatan Udara (AU) Halim Perdanakusuma dengan permukiman warga Kampung Pulo itu terlihat ambrol.

Pemicu Banjir di Kampung Pulo Makasar karena Tanggul PHB Jebol
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Turap jebol di RT 07/04 Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur. Tanggul yang memisahkan wilayah markas Angkatan Udara (AU) Halim Perdanakusuma dengan permukiman warga Kampung Pulo itu menjadi penyebab banjir di Kampung Pulo Makasar. 

MAKASAR, WARTAKOTALIVE.COM -- Penyebab banjir hingga kembali tergenangnya permukiman warga Kampung Pulo, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur pada Selasa (2/4/2019) malam akhinya terungkap.

Pemicunya karena tanggul saluran penghubung (PHB) jebol.

Tanggul tersebut berada di RT 07/04 Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur.

Tanggul yang memisahkan wilayah markas Angkatan Udara (AU) Halim Perdanakusuma dengan permukiman warga Kampung Pulo itu terlihat ambrol.

Lagi-lagi Kampung Pulo Makasar Kebanjiran Nih

Tanggul berupa susunan batako tanpa diperkuat semen itu terlihat hancur dengan panjang sekitar empat meter.

Akibatnya, air yang mengalir di saluran PHB masuk hingga membanjiri empang hingga puluhan rumah warga di RW 04 Pinang Ranti.

Sutrisno (58) warga RT 07/04 Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur mengungkapkan, jebolnya tanggul dikarenakan besarnya debit air saat hujan deras mengguyur pada Selasa (2/4/2019) sore kemarin.

Sehingga, lanjutnya, bukan hanya limpasan Kali Ciliwung, banjir juga dikarenakan derasnya aliran air yang berasal dari saluran PHB Halim Perdanakusuma.

Tak ayal, banjir yang semula terlihat sejak menjelang maghrib atau sekira pukul 17.30 WIB itu diungkapkannya sangat cepat naik.

Genangan yang semula setinggi selutut orang dewasa naik mencapai satu meter hanya dalam waktu 15 menit.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved