Klaim Kota Bekasi Dikabarkan Telah Bebas Kepemilikan Suket

Sejak 28 Februari 2019 lalu, kita sudah menyelesaikan pencetakan sekitar 60.000 e-KTP bagi pemilik suket.

Klaim Kota Bekasi Dikabarkan Telah Bebas Kepemilikan Suket
Warta Kota/Dwi Rizki
Ilustrasi. Kontroversi penggunaan suket. 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi mengklaim wilayah setempat, kini, sudah bebas dari kepemilikan surat keterangan (suket).

Adapun suket merupakan bukti administasi kependudukan sementara sambil menunggu pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Sejak 28 Februari 2019 lalu, kita sudah menyelesaikan pencetakan sekitar 60.000 e-KTP bagi pemilik suket, kecuali bagi yang bermasalah dalam proses perekaman," kata Kepala Disdukcapil Kota Bekasi Taufiq Rahmat Hidayat pada Selasa (2/4/2019).

Meski, Kota Bekasi telah diklaim bebas suket, kata Taufiq, namun masih ada 14 warga yang memiliki suket karena adanya kesalahan dalam proses perekaman.

Kesalahan dalam proses perekaman misalnya terjadi dari sisi biometrik dan kepemilikan identitas mereka ganda.

Bagi kesalahan biometrik, biasanya terjadi karena retina mata atau sidik jari tangan pemohon tidak terekam dengan alat petugas.

Sedangkan kepemilikan identitas ganda, terungkap saat pemohon melakukan perekaman sidik jari di atas kaca yang disediakan petugas.

Rupanya pemohon sudah pernah melakukan perekaman sebelumnya, dan data lama belum dihapus.

"Kalau ada kesalahan seperti ini, akan timbul warna merah di monitor petugas. Mulai 28 Februari 2019 lalu kesalahan seperti itu sudah bisa kita tangani sendiri di dinas, tidak butuh waktu 30 menit," imbuhnya.

Pesan Ustadz Abdul Somad tentang Kewajiban dan Akhlak Mulia Anak terhadap Ibu Kandung

Karena itu, kata dia, 14 pemilik suket ini sekarang tengah dihubungi petugas dinas melalui perangkat RT dan RW rumahnya.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved