Berita Video

VIDEO: Ratusan Anak-anak dan Milenial Antusias Ikuti Festival Literasi Jakarta Selatan

kegiatan tersebut diusung Sudin Pusip Jaksel dalam memperingati Hari Dongeng Sedunia dan Hari Musik yang jatuh di bulan Maret.

Dharma, bocah enam tahun itu, dengan seksama menyimak dongeng yang dibawakan Kak Budi dari Ayo Dongeng Indonesia. Jalan cerita maupun intonasi dari Kak Budi kerap membuatnya terpingkal. Dharma dan puluhan anak lainnya terlihat begitu menikmati kegiatan story telling yang digelar di taman terbuka itu.

Pada Sabtu (30/3/2019), Suku Dinas perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Selatan menggelar Festival Literasi Jakarta Selatan di Jalan Gandaria Tengah V/3, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berbagai rangkaian kegiatan seperti Art and Craft for Kids, kelas mendongeng, kelas Food Photography diikuti ratusan orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

VIDEO: Vhanya Kiara Duo Semangka Cerita Pernah Hampir Diperkosa dengan Modus Minuman

Di area halaman kantor Sudin Pusip, digelar acara diskusi dan bedah buku. Pecinta literasi antusias mengikuti kegiatan itu.

"Acara seperti ini bagus sekali, khususnya sebagai ajang bertemunya komunitas atau pegiat literasi. Saya pribadi sekarang sedang mulai aktif menulis. Di sini bisa sharing dengan para penulis dan kawan-kawan," begitu kata Dwiyanti (22) yang hadir dalam kesempatan itu.

Para abang dan none buku juga berkesempatan menimba ilmu dalam hal story telling, dengan dihadirkannya sejumlah mentor. Para abnon buku inilah yang saat ini sedang gencar melakukan kampanye kecintaan terhadap literasi ke masyarakat, dengan menggelar kegiatan-kegiatan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

VIDEO: Akhir Pekan Penumpang Moda Raya Terpadu MRT Tetap Membeludak

Kasudin Pusip Jakarta Selatan, Evita Dwi Seiverda mengungkapkan, kegiatan tersebut diusung Sudin Pusip Jaksel dalam memperingati Hari Dongeng Sedunia dan Hari Musik yang jatuh di bulan Maret.

"Pelaksanaan kegiatan ini didasari tugas dan tanggung jawab perpustakaan dalam membangun sebuah wadah pembelajaran melalui rangkaian kegiatan pelatihan literasi yang tepat guna. Sehingga perpustakaan dapat menciptakan ruang terpadu yang kuat akan budaya literasi.

VIDEO: Anies Minta Content Creator Baik di Medsos dan Lainnya Bikin Karya Positif

Ia menambahkan, kegiatan dengan tema SERASI (Sebulan Sastra dan Literasi) ini juga dilakukan untuk mempromosikan perpustakaan kepada masyarakat Jakarta, memupuk minat baca dan menjadikan perpustakaan sebagai pusat aktivitas masyarakat.

Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengungkapkan, gelaran Festival Literasi menjadi terobosan baru dalam menggaungkan dunia literasi.

"Acara ini hanya ada di Jakarta Selatan dengan tujuan meningkatkan minat baca bagi masyarakat khususnya anak-anak dan remaja. Tadi saya lihat juga ada kegiatan story telling, workshop menulis dan food photography yang tentunya banyak diikuti anak-anak dan kaum milenial," ujarnya.

Marullah mengakui, saat ini minat baca masyarakat sedang tidak cukup bagus. Apalagi, semenjak sosial media menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat Indonesia.

VIDEO: Suasana Haru Pemakaman Dian Al Mahri Masjid Kubah Emas

"Dorongan untuk membangun budaya literasi di masyarakat sangat penting digalakkan melalui kegiatan-kegiatan kreatif semacam ini. Apalagi, pak gubernur sangat konsen sekali terhadap masalah ini. Beliau kan pengajar dan basicnya dari dunia pendidikan," imbuh Marullah.

Marullah optimistis, kejayaan dunia literasi bakal kembali hadir. Apalagi dengan berbagai upaya yang saat ini dilakukan. Salah satunya, dengan melakukan revitalisasi terhadap perpustakaan, pembuatan perpustakaan mini atau pojok baca di tempat-tempat keramaian seperti pusat belanja dan didukung dengan sejumlah program lain dari Pemprov DKI Jakarta.

"Saya kira inovasi-inovasi tersebut sudah berjalan cukup baik dan mampu secara perlahan meningkatkan minat baca di masyarakat kita. Ke depan dari Pemkot Jaksel juga akan mendorong adanya program wajib kunjung museum bagi pelajar," tandas Marullah

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved